Close

Panduan Warga Terkait Besaran Zakat Fitrah, Kemenag Kota Solok Keluarkan Surat Edaran

Ilustrasi

SOLOK, METRO – Zakat fitrah sangat membantu masyarakat kurang mampu dalam menyambut lebaran. Untuk itu, Kantor Kementerian Agama Kota Solok mengeluarkan surat edaran terkait panduan besaran uang pengganti beras yang digunakan untuk pembayaran zakat fitrah pada Ramadhan 1440 hijriah.

Plt Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Solok, Afrizen mengatakan, sesuai syariat Islam, besar zakat yang dibayarkan sebanyak 1 Sha’ atau setara dengan 3,3 liter beras atau 2,7 kilogram makanan pokok yang biasa dikonsumsi di daerah tersebut. Dan untuk memudahkan masyarakat dalam mengeluarkan zakat fitrah, edaran ini diharapkan dapat membantu.

Ia menambahkan, dalam edaran Kemenag Kota Solok tentang panduan pembayaran zakat fitrah 1440 H, bagi masyarakat yang mengkonsumsi beras jenis premium seperti Anak daro, Cisokan dan pandan pulau, membayarkan zakat senilai Rp35.100-Rp37.800. Besaran itu berpatokan pada harga beras jenis premium yang berkisar antara Rp13.000-Rp14.000 per kg.

Sementara itu terang Afrizen, untuk masyarakat yang mengkonsumsi beras medium seperti IR 42, membayarkan zakat senilai Rp32.400 dengan patokan harga beras Rp12.000 per kg. Dan untuk jenis beras murah, setiap wajib zakat membayarkan sebesar Rp26. 865. Dimana harga per kilogram beras dipatok pada harga Rp9.950.

Afrizen mengungkapkan, standar harga beras per kilogram tersebut mengacu pada hasil survei tim Kemenag di sejumlah huler dan pedagang Pasar Raya Solok serta di Bulog Sub Divre Solok. Pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk menyalurkan zakat melalui lembaga-lembaga pengumpul dan penyalur zakat.

“Atau bisa juga langsung kepada yang berhak menerima sesuai dengan waktu yang ditetapkan,” tandasnya. (vko)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top