Menu

Pandemi tak Menyurutkan Padang untuk Berprestasi

  Dibaca : 132 kali
Pandemi tak Menyurutkan Padang untuk Berprestasi
Walikota Padang Hendri Septa

PADANG, METRO–Pandemi Covid-19 su­dah mengepung dunia se­jak dua tahun terakhir ini, tetapi serangan musuh yang tidak terlihat secara kasat mata itu tidak boleh membuat optimisme war­ga Kota Padang mengen­dor. “Tetap bersemangat untuk melawan pandemi Covid-19,” kata Walikota Padang Hendri Septa Ju­mat (6/8) di Padang.

Bahkan, menurutnya, meskipun ulang tahun Kota Padang pada tahun ini ma­sih berlangsung dalam su­a­sana pandemi, semangat kota untuk membangun (Pemko/DPRD dan ma­sya­rakat dan perantau) tidak boleh mengendor.

Tahun ini, persisnya Sabtu 7 Agustus 2021, Kota Padang genap berusia 352 tahun. Maka menurut Wali Kota Hendri Septa, itu se­buah usia yang sudah sa­ngat matang untuk sebuah kota. Perjalanan panjang Kota Padang yang tiga setengah abad itu, mesti dijadikan penyemangat semua unsur dan lini untuk terus berjuang melawan Covid-19 ini.

Hendri tidak sekedar mem­beri semangat, tetapi dibuktikan bersama-sama Organisasi Perangkat Da­erah (OPD), DPRD dan ma­syarakat Kota Padang, se­lama pandemi ini sejumlah prestasi dibu­kukan oleh Kota Padang.

Sepanjang tahun 2021, kota dengan 11 Kecamatan itu berhasil membukukan pres­tasi tingkat provinsi maupun tingkat nasional. Tak kurang dari delapan penghargaan disabet Kota Padang.

“Di tengah keterbata­san kita membangun kota karena pandemi ini, alham­dulillah kita masih bisa membukukan berprestasi dan mempersem­bahkan­nya kepada masyarakat. Kita tahu, hampir semua sektor terdampak, seperti ekonomi, kesehatan, sosial dan lainnya. Namun sema­ngat kita membangun kota tidak pernah kendor. Ha­silnya, ya, delapan peng­hargaan telah kita terima sepanjang 2021 ini,” kata akuntan lulusan Central Queensland University, Australia itu.

Untuk dicatat, delapan penghargaan yang dite­rima Kota Padang se­pan­jang 2021 ini antara lain, The 6th Public Relations Indonesia Awards (PRIA) 2021, kategori Pemerintah Kota Terpopuler di Media Cetak selama tahun 2020 yang diberikan oleh PR INDONESIA dan PT. ISENTIA.

Kemudian, Inisiator Im­plementasi E-Retribusi Pasar, E-Retribusi Pariwi­sata, E-Retribusi QRIS dari Bank Indonesia (BI) Per­wakilan Sumbar.

Selanjutnya, peng­har­gaan Pembangunan Da­erah Tahun 2021 Tingkat Provinsi Sumatera Barat Kategori Kota Terbaik I dan Penghargaan Penga­rusu­tamaan Gender Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2020 yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

Sebagai wujud dari trans­paransi dan pertang­gungjawaban penggunaan anggaran negara tahun 2020, Pemko Padang tahun ini menerima penghar­ga­an dari BPK RI. Badan Pe­meriksa Keuangan itu mem­berikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Laporan Hasil Peme­rik­saan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Da­erah (LKPD) Tahun Ang­garan 2020.

Kepatuhan Pemko Pa­dang menyelesaikan kewa­j­ibannya ke pihak ketiga juga diganjar Penghargaan oleh PT. PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumatera Barat atas Konsistensi Pem­bayaran Listrik Tepat Waktu Untuk Tahun 2020.

Penghargaan Pem­ba­ngunan Daerah (PPD) Ta­hun 2021, Kementerian Pe­rencanaan Pembangunan Nasional/ Badan Peren­canaan Pembangunan Na­sional (PPN/Bappenas) dan penghargaan Kota Padang Layak Anak Tingkat Nin­dya, Kementerian Pem­berdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Re­publik Indonesia.

Namun demikian, me­nu­rut Wali Kota Hendri Septa, semua penghar­gaan yang diterima itu atas dukungan semua pihak. Baik itu dari DPRD Kota Padang, pimpinan Orga­nisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat, Lurah, ASN, lembaga sosial, organisasi masyarakat, organisasi keagamaan, unsur TNI-Polri dan seluruh ma­sya­rakat Kota Padang.

“Atas nama Pemerintah Kota Padang saya ucapkan terima kasih atas dukungan dan partisipasi selama ini. Mari bersama-sama kita jadikan Kota Padang ini men­jadi kota yang madani ber­basiskan pendidikan, perda­gangan dan pari­wi­sata yang unggul dan ber­daya saing,” kata Hendri Septa.

Ia berharap, meskipun dalam keterbatasan, na­mun semangat berulang tahun kota bagi warga kota hendaknya tetap tumbuh.

“Ini untuk menunjukkan bahwa kota ini adalah kota kita, kota yang kita cintai, kota yang kita jaga dan bangun bersama. Selamat Ulang Tahun ke-352 Kota Padang dan Dirgahayu Republik Indonesia ke-76,” kata Hendri.(tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional