Menu

Pandemi, Kunker Dewan Jalan Terus, Ilham: Melihat Perbandingan Pembentukan Perda

  Dibaca : 617 kali
Pandemi, Kunker Dewan Jalan Terus, Ilham: Melihat Perbandingan Pembentukan Perda
Ilham Maulana, Wakil Ketua DPRD Kota Padang

SAWAHAN, METRO
Anggota DPRD Kota Padang masih terus melakukan kunjungan kerja (kunker) ke luar kota. Padahal, virus corona masih menghantui negeri ini, dan masyarakat masih terpuruk akibat pandemi yang sudah berlangsung satu tahun ini.

Minggu (7/2), wakil rakyat DPRD Kota Padang kembali melakukan perjalanan dinas ke Kota Depok, Jawa Barat dan Kota Pekanbaru, Riau. Perjalanan dinas berlangsung hingga 11 Februari 2021.

Wakil Ketua DPRD Kota Padang, Ilham Maulana yang dihubungi, Minggu (7/2) membenarkan, jika kunker anggota dewan itu digelar sesuai jadwal Badan Musyawarah (Bamus) DPRD. Anggota dewan yang melawat keluar kota adalah, wakil rakyat yang tergabung dalam Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kota Padang.

Menurut Ilham, perjalanan Bapemperda dalam rangka melihat perbandingan pembentukan Peraturan Daerah (Perda) serta menyamakan persepsi dengan daerah yang dituju.

“Jika regulasi dan aturan jelas, kita akan terapkan apa yang didapat tersebut di Padang,” ujar kader Partai Demokrat itu.

Dijelaskan, kunker wakil rakyat yang tergabung dalam Bapemperda DPRD Padang itu, tujuannya demi menjalin hubungan silaturahmi antar sesama. “Kita berharap hasil dari kunjungan tersebut, implementasinya terlihat nyata dan seluruh ranperda yang ada, baik ranperda inisiatif dewan dan usulan Pemko Padang tuntas pembahasannya serta terlaksana jika menjadi perda,” ucap Ilham yang juga ketua DPC Demokrat Kota Padang ini.

Sementara, Wakil Ketua DPRD Kota Padang Arnedi Yarmen mengatakan, anggota dewan yang termasuk dalam Bapemperda sebanyak 13 orang. Termasuk pimpinan dewan dan anggota ikut berangkat.

“Kita ingin perjalanan ini menghasilkan dan ilmu yang didapat benar-benar teraplikasikan dengan penuh di tengah masyarakat,” ujar kader PKS ini.

Diketahui, anggota dewan baru saja usai membahas 3 Ranperda Pemko Padang di Grand Inna Muara Hotel Padang selama tiga hari bersama OPD yang tergabung dalam Ranperda tersebut.

Sebelumnya, pada 26-30 Januari 2021 lalu, 45 wakil rakyat DPRD Padang baru saja pulang kunker untuk kegiatan Seminar dan Loka Karya (Semiloka) di Kota Batusangkar, Kabupaten Tanahdatar.

Sedangkan di tahun 2020, anggota dewan juga masih melakukan kunker keluar kota, padahal kasus corona masih tinggi di Kota Padang. Pada September 2020, Sebelumnya, anggota DPRD melakukan kunker keluar daerah membahas tiga ranperda yang berlangsung 16-19 September ke Lubuak Linggau, Sumsel dan Muko-Muko, Bengkulu.

Kemudian, 23 September anggota DPRD juga masih melakukan kunker ke Sumsel dan Kota Jambi. (ade)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional