Close

Pandemi Covid- 19, Pemkab Perjuangkan Bantuan UMKM

BANTUAN— Wali Kota Pariaman H Genius Umar saat serahkan bantuan UMKM.

PARIAMAN, METRO–Wali Kota Pariaman H Genius Umar me­nyatakan Pemerintah Kota Pariaman terus perjuangkan masyarakat Kota Pariaman untuk pemulihan ekonomi masyarakatnya dalam pandemi Covid-19 yang masih melanda.

“Saya meminta bantuan PPKM Darurat Kota Pariaman yang pernah ditetapkannya di Kota Pariaman beberapa waktu lalu,” kata Genius Umar, kemarin.

Salah satunya Genius meminta kepada Menteri Koperasi dan UKM RI, Teten Masduki Bantuan Presiden untuk Pelaku Usaha Mikro (BPUM) saat kunjungan kerja di Jakarta beberapa waktu lalu.

“Tahun 2020, kata Genius, tercatat 5021 Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) Kota Pariaman yang mendapat bantuan, dan ia minta tambahan ke pusat di tahun 2021 menjadi 6093 UKM, dengan target untuk Kota Pariaman bisa mencapai 9000 UKM nantinya yang kita usulkan untuk mendapat bantuan dari peme­rintah pusat,” ujar Genius saat penyerahan bantuan secara simbolis kepada pelaku UMKM Kecamatan Pariaman Timur.

Genius menjelaskan, bantuan ini untuk pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), merupakan Bantuan Presiden untuk Pelaku Usaha Mikro (BPUM) yang bisa digunakan untuk menambah modal usaha sehingga bisa bertahan pada kondisi ekonomi sulit karena pandemi sekarang.

“Bantuan ini senilai Rp.1.200.000, dan disalurkan melalui Bank BRI. Berarti dari BPUM ini saja uang pemerintah pusat sudah beredar Rp.7 miliyar lebih di Kota Pariaman ini, belum lagi bantuan dari Kementerian Sosial. Per­putaran uang inilah yang membuat ekonomi kita tumbuh 3% disaat beberapa daerah lain mengalami minus,” terangnya.

Ia berharap kepada masyarakat penerima banruan untuk memanfaatkan bantuan ter­sebut sebagai tambahan modal usaha dan bertahan dengan usaha ekonomi untuk pe­menuhan kebutuhan keluarga. (efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top