Menu

Pandemi Covid-19 Kota Pariaman, OPD harus Tingkatkan Kreativitas

  Dibaca : 121 kali
Pandemi Covid-19 Kota Pariaman, OPD harus Tingkatkan Kreativitas
ARAHAN—Wako Genius Umar saat berikan arahan.

PARIAMAN, METROWali Kota Pariaman, Genius Umar tuntut kreatifitas kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terlebih lagi pada masa pandemi dan keterbatasan anggaran saat ini. “Kea­daan pandemi Covid-19 yang melanda sejak tahun 2020, telah membuat anggaran yang berasal dari pemerintah pusat untuk Pemerintah Kota Pariaman jauh berkurang, karena itu, perlu kreatifitas dari Kepala OPD untuk menyiasati hal ini,” ujar Walikota Pa­riaman H Gnius Umar, kemarin, usai acara konsultasi publik ranwal revisi RP­JMD Kota Pariaman tahun 2018-2023.

Pemerintahan dan pem­­bangunan harus terus berjalan ditengah pandemi yang belum tahu kapan akan berakhir ini. Karena itu, diperlukan langkah-langkah yang strategis dan inovatif dalam hal menjalankan kegiatan yang ada di OPD nya masing-ma­sing, dengan memaksimalkan kemampuan yang ada.

“Saya tidak mau mendengar, jika Kepala OPD mengatakan tidak ada anggaran, sebagai pimpinan di dinasnya, kadis harus krea­tif mencari jalan keluar­nya, dan dapat menyiasati hal ini, salah satunya bisa mencari dana dari APBN atau pihak swasta,” tukasnya.

“Beberapa proyek pem­­­­bangunan seperti pro­­­gram waterfront city ba­nyak dibantu oleh peme­rin­tah pusat, pembangu­nan Pasar Rakyat Kota Pa­riaman, dan beberapa DAK lain. Oleh sebab itu ke­pala OPD harus memiliki hubungan baik dengan pe­jabat di kementerian dan memiliki kemampuan lo­bi yang baik untuk men­da­­patkan program dari pemerintah pusat,” ujarnya.

Lebih lanjut, Genius ju­ga mengatakan solusi lain­nya adalah semangat go­tong royong (goro) ha­rus kita busayakan kembali. Dengan melibatkan semua ASN dan semua la­pi­san masyarakat dan pe­r­ang­kat desa/kelurahan un­tuk meng­giatkan kembali goro.

“Saat ini, setiap hari saya mengajak OPD untuk melaksanakan goro membenahi objek wisata, dimana dengan keterbatasan anggaran kita, dan akibat pandemi yang mengakibatkan lesunya pariwisata yang menjadi andalan da­e­rah kita, goro ini akan menjadi sebuah kebiasaan yang harus kita pelihara,” tandasnya mengakhiri. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional