Menu

Pandemi Covid-19, Koperasi di Kota Padang Terseok-seok, Nasrul: Kami Butuh Bantuan

  Dibaca : 208 kali
Pandemi Covid-19, Koperasi di Kota Padang Terseok-seok, Nasrul: Kami Butuh Bantuan
Asisten bidang Perekonomian Pemko Padang

PASAR RAYA, METRO–Akibat perekonomian stagnan karena Covid-19, sejumlah koperasi di Kota Padang berjalan terseok-seok. Usaha simpan pinjam yang dijalan selama ini nyaris tak jalan lagi. Mereka mengaku butuh bantuan pemerintah.

Seperti ungkapan salah seorang pengurus koperasi KSU HIPPI Pasar Raya Padang, Nasrul. Sejak pandemi Covid-19, koperasi yang pernah mendapat predikat sebagai koperasi berprestasi di Kota Padang ini macet. Banyak uang koperasi yang dipinjamkan kepada anggota, terkendala pengembaliannya.

Hal itu karena sebagian besar adalah pedagang pasar. Sejak corona, jual beli mereka mandek.  Sehingga mereka tak mampu membayar angsuran koperasi.

Ia mencontohkan, angsuran yang biasanya Rp150 ribu setiap hari, sekarang mereka mampu bayar Rp50 ribu. Itupun hanya sekali tiga hari.

“Kalau dipaksa, tak mungkin, memang mereka tak berjual beli. Terpaksa jalan keluarnya, pembayaran de­ngan sistem musyawarah,” tan­dasnya.

Tak hanya itu, pedagang yang biasanya menyimpan uang di koperasi, mereka malah menarik semua uang mereka  dari koperasi. Sehingga saat ini koperasi tak punya uang untuk menjalankan aktifitas.

Dalam kondisi ini, kata dia, KSU HIPPI butuh bantuan pemerintah. Terutama dari segi permodalan. “Kami sangat berharap sekali ada bantuan dari pemerintah. Kami akan buat proposal jika dibutuhkan,” tandas sekretaris koperasi ini.

Ia meyakini, nasib yang sama juga dialami sebagian  besar koperasi di Kota Padang. Karena pengaruh ekonomi yang memburuk karena covid.  Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Padang, Syuhandra saat dikonfirmasi, hingga Senin sore tidak memberikan jawaban.

Sementara, Asisten bi­dang Perekonomian Pemko Padang, Endrizal sebelumnya mengatakan, perhatian Pemko Padang terhadap pengembangan koperasi cukup besar. Seperti KJKS  yang ada di setiap kelurahan serta koperasi lainnya.

Menurut dia, koperasi selalu dibina dan  didampingi agar bisa tumbuh dan  berkembang. Namun saat ini, ia tak memungkiri, Covid-19 memberikan pengaruh yang signifikan pada koperasi. “Kita pasti bantu untuk koperasi-koperasi itu untuk bangkit lagi,” pungkasnya. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional