Menu

Pandemi Belum Berakhir, Stok Darah Menipis, Dua’s Coffeee dan KSR PMI UBH Galang Donor Darah

  Dibaca : 73 kali
Pandemi Belum Berakhir, Stok Darah Menipis, Dua’s Coffeee dan KSR PMI UBH Galang Donor Darah
DONOR DARAH— Dokumentasi donor darah yang digelar KSR PMI Unit UBH Proklamator bersama komunitas paguyuban Nias di Kota Padang, Sumatera Barat beberapa waktu yang lalu.

PADANGPASIR, METRO–Pandemi wabah virus Covid-19 yang belum berakhir membuat, pasokan sel darah merah kian menipis. UKM KSR PMI Unit Universitas Bung Hatta Proklamator bersama Dua’s Coffee berko­la­borasi dengan lembaga dan atau komunitas menggelar aksi kema­nu­siaan yakni donor darah serta mem­bagikan masker ke­pada masyarakat umum yang akan berlangsung Selasa (15/6) hingga Kamis (17/6) di Dua’s Coffee, Ja­lan Bandar Purus.

“Aksi kemanusiaan ini mengisi agenda Hari Donor Darah Sedunia (World Blood Donor Day) 2021, yang di­peringati setiap 14 Juni di seluruh dunia. Se­lama tiga hari ke depan mengu­sung taqline, Ingin Kopi, Ingat Dua’s Coffee dan Ingin Donor Darah, Ingat PMI,” se­but Wempi Muttaqin, Direk­tur dan Owner Dua’s Coffee, Senin (14/6).

Wempi menyam­pai­kan, kegiatan donor darah selain bersama UKM KSR PMI Unit UBH Proklamator, juga ber­ko­laborasi dengan se­jum­lah lembaga, seperti PW GPK Sumbar, DPD KNPI Kota Padang, PW AMK Sum­bar, Kadin Kota Padang, PD PARFI Sumbar, PERBAKIN Sumbar, POK­DAR­KAMTIB­MAS Sumbar, AKU MAN­DIRI Sumbar, BPC HIPMI Kota Padang, Pe­­muda Panca Marga Sum­­­bar, Perusahaan Umum Da­erah Padang Se­jah­­­tera Man­­diri dan Forum Pengu­rangan Resiko Ben­cana Kota Padang.

“Kolaborasi ini ten­tu­nya sangat baik mem­ban­tu sau­dara kita yang mem­butuh­kan sel darah merah di ma­sa pandemi Covid-19, se­perti halnya aksi kema­nu­siaan PMI Padang dan Sum­bar yang senantiasa ber­upaya m­e­ringan­kan beban sesama da­lam hal berdonor darah,” kata Wem­­­pi didam­pingi Ko­man­­dan UKM KSR PMI Unit UBH Proklamator, Ru­dy Agustian.

Tidak itu saja kata Wem­­­pi, aksi donor darah ini sebagai bentuk du­ku­ngan dan membantu pe­merintah daerah, baik itu Satgas Covid-19 Sumatera Barat dan Palang Merah Indonesia (PMI) untuk me­nyo­sialisasikan pence­ga­han Covid-19 di Kota Pa­dang, Sumatera Barat dan termasuk menyiapkan pa­so­kan sel darah merah di PMI. Kemudian, sebagai bentuk apresiasi kepada pendonor, Dua’s Coffee akan membagikan paket kopi dibantu lembaga yang telah berkolaborasi.

“Relawan donor darah juga kita apresiasi dengan memberikan paket kopi asli olahan dari Dua’s Coffee sebagai apresiasi. Kita berharap aksi kemanu­sia­an donor darah ini tidak ber­henti untuk menye­lamat­kan nyawa saudara-saudara kita yang mem­butuhkan,” ungkap Wempi.

Sementara itu, Koman­dan UKM KSR PMI Unit UBH Proklamator, Rudy Agustian mengatakan, ti­dak perlu khawatir mendo­nor­kan darah saat pandemi se­perti ini. “Selama donor da­rah sudah ada aturan dan dibuat seaman mung­kin dari perawat dan dok­ter dari UTD. Tentunya me­nerapkan protokol kese­ha­tan, jadi masyarakat tidak perlu khawatir dan ragu,” ungkap Rudy.

Bahkan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 kata­nya, telah membagikan tips bagi pendonor darah sela­ma masa pandemi. “Yang jelas relawan yang mela­kukan donor darah tetap menerap­kan protokol kese­hatan, dan dokter juga akan memas­tikan keamanan tran­fusi darah,” tutupnya. (rom)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional