Close

Pamerkan di Pekan Ekonomi Kreatif, Siswa SMP 24 Produksi Deta

PRODUKSI DETA— Siswa SMP 24 Padang berhasil membuat Deta dan dipamerkan di di Pekan Ekonomi Kreatif di Gedung Youth Center Bagindo Aziz Chan.

AZIZ CHAN, METRO–Siswa SMP 24 terbilang kreatif. Tak ingin budaya Minang ditelan zaman, siswa sekolah tersebut memproduksi Deta (kain penutup kepala laki-laki Minang). Karya mereka kemudian dipamerkan.

Ya, Deta produksi siswa SMP 24 dipamerkan di Pekan Ekonomi Kreatif di Gedung Youth Center Bagindo Aziz Chan, Padang. Harganya pun terjangkau di kantong. “Siswa sudah mem­buat Deta sejak beberapa pekan ini,” kata Yuli, guru SMP 24 di Pekan Ekonomi Kreatif, Sabtu (6/8).

Deta yang dibuat siswa SMP 24 terbilang rancak. Deta tersebut dijual dengan dua versi, Rp55 ribu dan Rp75ribu. “Dijual dengan kualitas yang berbeda, tergantung konsumen nan­tinya,” sebut Yuli.

Hingga saat ini, sekolah tersebut sudah mempro­duksi sekitar 130 buah Deta. Deta itu dibuat melalui tangan-tangan siswa dan gu­ru.

“Membuatnya tidak rumit, tapi butuh keseriusan dan ketelitian,” ungkap Yuli.

Dirinya mengaku, pembuatan yang sedikit rumit saat mangarumuak kain. Atau membentuk kain Deta agar nampak seperti tan­duk di atasnya.

“Bagi yang ingin menjadikan Deta sebagai buah tangan, silahkan datangi stand kami di sayap kiri Gedung Youth Center hingga tanggal 10 Agustus nanti. Atau bisa datang langsung ke sekolah kami,” tutur guru sekolah tersebut. (rel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top