Menu

Palanta Mediasi Dilaunching, Penyelesaian Tindak Pidana Ringan tanpa ke Pengadilan

  Dibaca : 133 kali
Palanta Mediasi Dilaunching, Penyelesaian Tindak Pidana Ringan tanpa ke Pengadilan
Polres Dharmasraya bersama sejumlah tokoh masyarakat melaunching Palanta Mediasi Polres Dharmasraya. Selasa (20/10).

DHARMASRAYA, METRO
Kepolisian Resort (Polres) Dharmasraya terus memaksimalkan upaya menekan angka kriminalitas dengan berbagai inovasi. Kali ini, Kapolres Dharmasraya, AKBP Aditya Galayudha Ferdiansyah dan jajaran Polres setempat bersama sejumlah tokoh masyarakat melaunching “Palanta Mediasi Polres Dharmasraya”, Selasa (20/10) di aula Mapolres Dharmasraya.

Kegiatan yang dihadiri oleh sejumlah tokoh masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Sadar (Pokdar) Kamtibmas mendapat respon positif dengan adanya Palanta Mediasi ini.

Kapolres Dharmasraya AKBP Aditya Galayudha Ferdiansyah menyebutkan, Palanta Mediasi ini merupakan sarana untuk menjaga stabilitas Kamtibmas yang kondusif, aman dan sejuk serta menekan angka Kriminalitas,

”Palanta Mediasi ini merupakan sebuah wadah untuk Penyelesaian permasalahan Kamtibmas yang ada di tengah-tengah  masyarakat,” ujar Kapolres.

Menurutnya, dalam pelaksanaanya, Palanta Mediasi ini melibatkan kelompok masyarakat yang tergabung dalam POKDAR Kamtibmas yang mana telah dikukuhkan oleh Kapolda Sumbar pada 22 September lalu di gedung Kubuang Tigo Baleh Kota Solok.

“Dengan keterlibatan elemen masyarakat ini diharapkan dapat mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk memahami, mengidentifikasi dan memecahkan permasalah yang ada melalui jalan mediasi yang melibatkan personel Polri, niniak mamak dan tokoh masyarakat.

Palanta Mendiasi ini, lanjut Kapolres, juga akan dilaksanakan oleh Polsek sejajaran Polres Dharmasraya yang dikoordinir oleh Sat Binmas Polres Dharmasraya.

“Dengan adanya Palanta Mediasi Polres Dharmasraya ini, diharapkan bisa menciptakan situasi Kamtibmas yang lebih kondusif dan nyaman, nantinya Palanta Mediasi ini akan ada diseluruh Polsek di jajaran Polres Dharmasraya, sehingga kedepannya tindak pidana yang mudah di luar pengadilan (Non Litigasi) bisa diselesaikan dengan melibatkan masyarakat dengan mengedepankan kearifan lokal,” Pungkasnya. (g)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional