Close

Pagelaran Seni Budaya Salingka Danau Maninjau Disiapkan

Panitia acara Pagelaran Seni Budaya Salingka Danau Maninjau menggelar rapat perdana dengan para walinagari se- Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Kamis (13/1).

AGAM, METRO–Panitia acara Pagelaran Seni Budaya Salingka Danau Maninjau menggelar rapat perdana dengan para walinagari se- Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Kamis (13/1). Rapat koordinasi yang digelar di aula Nagara Bhakti Kantor Camat Tanjung Raya itu turut dihadiri Sekretaris Camat Alfian, pelaku UMKM Tanjung Raya, Himpunan Mahasiswa Koto Kaciak, perangkat nagari, dan tamu undangan lainnya.

Rapat tersebut membahas rangkaian acara dan mekanisme pelaksanan acara Pagelaran Seni Budaya Salingka Danau Maninjau 2022 yang akan diselenggarakan di Nagari Koto Kaciak pada akhir Januari mendatang.

Walinagari Koto Kaciak Syawaldi mengatakan, acara pagelaran kesenian budaya tingkat kecamatan yang akan digelar merupakan inisiatif dari organisasi Himpunan Mahasiswa Nagari Koto Kaciak (HMKK) berkolaborasi dengan Pokdarwis untuk mengangkat seni tradisi dan budaya Minangkabau yang ada di Kecamatan Tanjung Raya.

Ia menyebut, dalam acara itu nantinya akan melibatkan para pelaku UMKM se Tanjung Raya dalam rangka mempromosikan produk dan kuliner khas Danau Maninjau.

Kecamatan Tanjung Raya ini memiliki banyak potensi seni budaya yang sangat beragam dan perlu diangkat agar bisa diketahui banyak orang. Apalagi tiap nagari memiliki ciri khasnya sendiri di bidang kesenian, seperti Talempong Uwaik-Uwaik, Tambua Tansa, Tari Pasambahan, Lukah Gilo, dan seni tradisi lainnya,” kata Syawaldi.

Lebih lanjut disebutkan, pihaknya berharap kepada setiap nagari yang ada di Kecamatan Tanjung Raya untuk dapat mengutus perwakilan grup kesenian dalam acara pagelaran seni budaya tingkat kecamatan itu.

Kami berharap nagari -nagari se Tanjung Raya bisa menampilkan atraksi kesenian dan budaya dalam acara itu nantinya. Selain grup kesenian, pelaku UMKM di tiap nagari juga perlu dilibatkan untuk mempromosikan kuliner khas Danau Maninjau,” ujarnya.

Ketua pelaksana acara, Fahrul Putra Naswarsih menambahkan, acara tersebut nantinya akan diselenggarakan selama dua hari yakni 29-30 Januari yang dipusatkan di los Pasar Raba’a, Nagari Koto Kaciak.

Ia menjelaskan, acara kesenian itu digelar pada malam hari yang akan dihadiri pejabat Pemprov Sumbar, Pem­kab Agam, dan tokoh masyarakat.

“Pagelaran seni budaya itu kita gelar selama 2 hari Sabtu dan Minggu (29-30/1). Hari pertama akan digelar acara pembukaan dan penampilan atraksi kesenian, kemudian disambung pada hari kedua dengan acara seminar kebudayaan dan UMKM oleh pihak terkait. Rencananya kita juga akan mengundang tokoh buda­ya­wan Minangkabau Angku Yus Dt Prapatiah untuk mengisi acara seminar di bidang adat dan budaya,” jelasnya.

Sementara itu, Camat Tanjung Raya diwakili Sekretaris Camat, Alfian mendukung penuh acara kesenian yang diinisiasi oleh generasi muda Nagari Koto Kaciak tersebut.

Menurutnya, acaranya itu akan membawa nama baik Kecamatan Tanjung Raya ka­rena telah melestarikan nilai-nilai seni dan budaya Minangkabau. “Oleh karena itu, mari kita dukung dan sukseskan bersama-sama acara tersebut agar nantinya terlaksana dengan meriah, sehingga bisa menjadi sebuah momentum untuk mempromosikan seni, budaya, dan UMKM Kecamatan Tanjung Raya supaya bisa dikenal banyak orang,” kata Alfian. (pry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top