Close

Padek-Paragon Go to School Dibuka di SMAN 1 Sumbar

SERAHKAN CENDERA MATA—Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano serahkan cendera mata kepada Direktur Padang Ekspres, Muhammad Nazir Fahmi.

PADANG PANJANG, METRO–Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Da­tuak Paduko Malano membuka kegiatan Padek-Paragon Go to School 2022 yang digelar di SMAN 1 Sumatera Barat yang berada di Kelurahan Sigando, Kecamatan Padang Panjang Timur (PPT), Senin (25/7). Kegiatan literasi pelatihan jurna­listik dan pengembangan diri dalam berwirausaha ini, merupakan hasil kolaborasi Harian Padang Ekspres dan PT Pa­ragon Technology and Innovation (War­dah).

Wako Fadly saat membuka kegiatan ini mengapresiasi dan berterima kasih kolaborasi dua perusahaan ini. “Satu di bidang media, satu lagi di bidang kewirausahaan. Insyaa Allah impact-nya juga besar bagi guru dan siswa yang hadir mengikuti,” ucapnya.

Dikatakannya, ketika menjadi seorang penulis, seseorang harus memiliki pemahaman yang menyeluruh tentang jurnalistik. “Ketika menulis tidak berdasarkan data, akan timbul hoaks. Untuk jurnalistik harus memi­liki pemahaman secara holistic, se­hingga apa yang ditulis dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” ungkapnya.

Fadly turut memotivasi para siswa dan guru peserta pelatihan agar serius dan seksama mengikuti pelatihan. Se­hingga ilmu yang diperoleh dari narasumber bisa dijadikan modal meraih kesuksesan, serta jadi pengedukasi di te­ngah masyarakat. “Marilah sama-sama kita ikuti betul-betul kegiatan ini. Paksakan diri memaksimalkan eksistensi, memperluas cakrawala serta ciptakan inovasi. Tidak akan mungkin ada inovasi tanpa pengalaman dan proses,” ung­kapnya.

Dirinya berharap, dengan adanya kegiatan ini mampu membentuk para siswa menjadi generasi yang berkarakter dan unggul dalam menentukan masa depan.

Direktur Padang Ekspres, Muhammad Nazir Fahmi menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk melatih dan memberi pemahaman kepada peserta tentang dunia jurnalistik.

“Padek-Paragon Go to School hadir untuk memberikan pemahaman tentang literasi jurnalistik. Termasuk mendidik tentang etika jurnalis yang baik, serta pengembangan diri dalam berwirausaha. SMAN 1 Sumbar ini merupakan sekolah keenam dalam road show Padek-Paragon Go to School Tahun 2022. Ini berkat dukungan yang luar biasa dari Paragon,” sebutnya.

Ke depan pihaknya akan terus menggelar kegiatan serupa secara kontinu. Selain itu pihaknya juga mengundang guru SMAN 1 Sumbar untuk bergabung di laman guru yang ada di Padang Ekspres.

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Sumbar, Surya Netti, S.Pd merasa terharu dan bahagia kegiatan ini digelar di sekolahnya. “Dari 15 sekolah di kabupa­ten/kota di sumbar, sekolah ini menjadi salah satu sekolah yang dipilih digelar­nya kegiatan literasi ini. Mudah-mudahan kegiatan ini berdampak bagi guru dan siswa,” ucapnya.

Diungkapkannya, berdasarkan nilai UTBK tahun 2021, SMAN 1 Sumbar merupakan juara 1 di Provinsi Sumatera Ba­rat, nomor dua di Pulau Sumatera dan peringkat 42 secara nasional.

“Semoga dengan kegiatan ini semakin meningkatkan komitmen kita mendidik anak bangsa, mengangkat nama Padang Panjang. Guru dan murid dapat termotivasi memberikan sesuatu yang berharga bagi Kota Padang Panjang,” harapnya. (rmd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top