Close

Padangpariaman Miliki 10 Nagari Tangguh Bencana

PIMPIN RAPAT— Wakil Bupati Padangpariaman Rahmang saat pimpin rapat, kemarin.

PDG.PARIAMAN, METRO–Wakil Bupati Padangpariaman Rahmang, kemarin bersama Asisten 3 Bidang Administrasi Umum memimpin Rapat koordinasi membangun Desa Tangguh Bencana (Destana) dengan Camat dan Wali Nagari serta OPD terkait di lingkungan Pemkab Padangpariaman.

Wakil Bupati Padangpariaman Rahmang menyampaikan bahwa sampai saat ini Kabupaten Padangpariaman telah memiliki 10 nagari tangguh bencana dari 103 Nagari yang ada di Kabupaten Padang­pa­riaman. Kemudian pa­da­ RPJMD 2021-2026 Pemkab Padangpariaman menargetkan ada penambahan enam pembangu­nan Destana di kabupaten Padangpariaman.

Dalam arahannya Wa­bup menyampaikan perlunya kerja sama antara OPD dan Instasi yang ada diwilayah kabupaten Pa­dang pariaman dan Seluruh lapisan masyarakat dalam menyukseskan pro­gram pembangunan de­sa tangguh bencana yang di canangkan oleh BNPB ini.

“Kita tentunya sangat menyadari bahwa daerah kita adalah salah satu yang memiliki potensi bencana alam, program Destana ini sangat penting dalam menyiap­kan masyarakat yang dapat menghadapi bencana alam yang tidak tahu kapan terjadi, untuk itu saya meminta  sinergitas seluruh OPD dan instansi terkait termasuk camat dan wali nagari dalam mengungkung program Destana ini,” ujar Wabup

Pada kesempatan yang sama Asisten 3 Fakhriati mengatakan, program ini tentunya membutuhkan dukungan dari segala aspek termasuk dukungan dari segi pendanaan.

Pada rapat tersebut sa­lah satu wali nagari mengatakan bahwa ia tidak bisa mengalirkan dana untuk program Destana ini karena terhalang regulasi yang  ataupun peraturan yang dapat dijadikan acuan dalam penggunaan dana dalam menudukung program Des­tana ini.

“Saya meminta kepada DPMD untuk dapat membuat regulasi mengenai pe­ng­gunaan dana desa terkait dukungan atas program Destana ini, serta dapat secepatnya digunakan agar wali nagari dapat menggunakan dana dalam dukungan program Destana ini dengan perlindungan hukum yang jelas,” tambah Fakhriati mengakhiri.(efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top