Menu

Padangpanjang Raih Penghargaan IGA 2020, Pemerintah Daerah Sangat Inovatif

  Dibaca : 157 kali
Padangpanjang Raih Penghargaan IGA 2020, Pemerintah Daerah Sangat Inovatif
Fadly Amran, Walikota Padangpanjang

Walikota Padangpanjang, Fadly Amran,  kembali memberikan bukti kerja nyata pada masyarakat “Serambi Mekah”. Tahun 2020. Berinovasi, Pemerintah Kota (Pemko) Padangpanjang, terpilih sebagai salah satu kota penerima penghargaan Innovative Government Award (IGA).

Jumat (18/12), Wako Fadly Amran, akan menerima penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2020. Sesuai Radiogram Kemendagri No. 005/6749/SJ tanggal 14 Desember 2020, penyerahan trophy dan piagam penghargaan  akan dilaksanakan di Hotel Sulthan Jakarta.

Penghargaan sebagai “Pemerintah Daerah Sangat Inovatif” tersebut juga diterima oleh 16 provinsi, 25 kabupaten dan 12 kota lainnya di Indonesia. Selain Kota Padangpanjang, penghargaan akan diterima Pemprov Sumbar, Kota Padang, Kota Pariaman, Kabupaten Padang Pariaman, Pesisir Selatan, dan Pasaman. Sedangkan di Sesi I, ada Kota Solok dan Kota Sawahlunto. Dijelaskan Kepala Bappeda, Rusdianto, pemerintah daerah yang menerima penghargaan Kategori Daerah Sangat Inovatif ini, adalah daerah yang mencapai indeks skor di atas 1.000 pada sistem penilaian IGA 2020.

“IGA adalah lomba inovasi daerah yang dilaksanakan Kemendagri dalam rangka memacu tumbuh kembangnya iklim berinovasi di daerah. Ini untuk peningkatan kualitas penyelenggaraan pemerintahan sesuai amanat UU no 23 tahun 2014 tentang Pemerintah daerah dan Peraturan Pemerintah No 38 Tahun 2017 tentang Inovasi Daerah,” paparnya.  Kompetisi IGA yang sangat bergengsi ini, tambahnya, juga menyediakan reward dalam bentuk Dana Insentif Daerah (DID) bagi 10 daerah yang termasuk kategori “Daerah Terinovatif”.

Rusdianto menyampaikan apresiasi kepada seluruh OPD atas kerjasamanya mengikuti ajang IGA 2020 dengan melengkapi berkas, dokumen pendukung, dokumen evidence inovasi masing-masing OPD dan menguploadnya ke dalam sistim aplikasi penilaian IGA.

“Kita berharap, tahun depan Kota Padangpanjang mampu meningkatkan posisinya menembus kategori Daerah Terinovatif. Semoga implementasi 150 ide inovasi OPD yang telah di launching pada kegiatan Laboratorium Inovasi awal Desember 2020 lalu, mampu memberi nilai tambah dan menaikan posisi kota Padangpanjang pada IGA 2021 nanti,” harapnya. (rmd)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional