Menu

Padangpanjang Jajaki Kerjasama dengan Jerman

  Dibaca : 439 kali
Padangpanjang Jajaki Kerjasama dengan Jerman
FOTO BERSAMA—Beramaa tamah Walikota Padangpanjang Fadly Amran, Wakil Walikota Lobau Jerman,Prof Dr, Klaus Werner bersama Forkopimda Padangpanjang di Pondopo Rumdin Walikota.

PADANG PANJANG, METRO
Percepatan pembangunan menjadi target Pemko Padangpanjang dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat kota “Serambi Mekah”. Selain luncurkan sejumlah terobosan, Walikota Padangpanjang Fadly Amran, BBA, tengah melakukan penjajakan kerjasama dengan Wakil Walikota Lobau Jerman, Prof, Dr, Klaus Werner ketika berkunjung ke Pendopo Rumah Dinas Walikota Padangpanjang, Selasa (3/3).  “Kedatangan Walikota Lobau, Jerman Prof, Dr, Klaus Werner, merupakan kesempatan bagi kita untuk membangun jembatan komunikasi dengan Jerman. Komunikasi ini, tentunya akan kita tindak lanjuti dalam bentuk kolaborasi pembangunan yang nantinya  dapat diimplementasikan di Padangpanjang, “ sebut Wako Fadly Amran.

Pertemuan dengan Walikota Lobau,  Jerman tersebut, sebut Fadly Amran, lebih lanjut, juga membicarakan sejumlah peluang dengan Jerman. Diantara, Padangpanjang telah menawarkan kolaborasi  ditiga sektor pembangunan yaitu, sektor pendidikan, wisata budaya dan pengembangan produk Usaha Kecil Menengah (UKM) Padangpanjang agar dapat pasar di Kota Lobau Jerman.  “Komunikasi terjalin, kita juga terus berupaya meyakinkan Wawako Lobau,  Klaus Werner, untuk menjalin kerjasama terkait tiga sektor ini agar bisa berkolaborasi dengan pihak Lobau,” sebut Fadly Amran.

Di sektor pendidikan,  Fadly Amran, mengungkapkan bagaimana kedepannya siswa bisa mencicipi pendidikan di Jerman. Pasalnya,  Dunia pendidikan Jerman merupakan salah satu negara terbaik dan sistem manajemen pendidikan Jerman diakui dunia. Tidak hanya sektor pendidikan, lebih lanjut Fadly Amran, mengatakan, juga menawarkan sejumlah potensi wisata dan produk UKM Padangpanjang,” Kita upayakan tiga sektor penting ini dapat bekerjasama dengan Lobau, “ ujarnya.

Kepala rombongan Prof,  Dr, Azhar Djaloeis mengatakan, pertemuan antara Wakil Walikota Lobau dengan Walikota Padangpanjang, yang diprakarsai  sekaligus diagendakan oleh salah seorang tokoh muda Padangpanjang yang bersinergi dengan banyak pihak. Tidak hanya punya relasi di tingkat nasional, sosok Allek Saputra juga memiliki jaringan ke Jerman.

Pertemuan Wako Fadly Amran dengan Klaus Werner tersebut,  tentunya tidak semata bersilaturahmi. Namun, pertemuan tersebut salah satu langkah bagaimana Padangpanjang kedepannya mampu membangun komunikasi yang baik bersama Jerman.   “Ini satu peluang emas yang harus dimanfaatkan secara serius oleh Pemko Padangpanjang untuk membangun kemitraan bersama Jerman khususnya Kota Lobau.  Namun, saya yakin, ketika Pemko segera menindaklanjuti pertemuan ini, maka kerjasama dengan pihak Jerman akan terwujud,” sebut Pakar Atom National RI, Azhar Djalius, juga merupakan putra Padangpanjang Batipuh X Koto itu.

Terpisah Allex Saputra, kedatangan Mr, Klaus Werner ke Indonesia khususnya untuk berkunjung ke Kota Padangpanjang, tidak terlepas dari peranan seorang Prof Dr, Azhar Djaloeis, Engku Dt, Bernes dan  Engku Basrizal, Dt Pangulu Basa. Momentum tersebut,  sebut Allex lebih lanjut,  merupakan peluang bagi Pemko Padangpanjang untuk terus memperluas jaringan komunikasi dengan banyak pihak, baik di tingkat nasional maupun internasional.   “ Inti dari sebuah pertemuan ini,  bagaimana Padangpanjang kedepannya mampu merajut tali persaudaraan dengan Jerman dan menjalin kerjasama dalam banyak sektor, “ sebut Allex, singkat.

Apresiasi untuk Pemko Padangpanjang yang belakangan ini banyak kunjungan dari pihak luar negeri ke Padangpanjang. Seperti guru besar dari Korea Selatan, Kunjungan Pihak kementerian Malaysia dan kemarin kunjungan dari Wakil Walikota Lobau Jerman yang disambut langsung oleh orang no 1 Kota Padangpanjang itu.  Dengan adanya pertemuan singkat ini bisa dijadikan gerbang pembuka untuk Pemerintah Kota Padangpanjang melakukan kerjasama – kerjasama terutama di bidang pendidikan dengan negara – negara di eropa,”ujarnya

Wakil Walikota Lobau Jerman, Prof. Dr. Klaus Werner dalam sambutannya menyampaikan kehadiran dirinya pada intinya yaitu menjalin silaturahmi dengan pihak Pemerintah Kota Padangpanjang. “Suatu kehormatan bagi saya bisa datang ke Kota Padangpanjang ini, dan sambutan yang diberikan kepada saya sangat luar biasa, saya kagum dengan ini semua, “ucapnya.

Beliau menyebutkan bahwa, mentalitas di Jerman sangat memperhatikan aspek – aspek detail tentang apa diinginkan bisa diimplementasikan. “Mewujudkan itu semua, kepercayaan sangat penting dalam melakukan sebuah kerjasama. Dengan kepercayaan  inilah nantinya kita bisa melihat apa-apa saja yang bisa kita lakukan bersama, “jelasnya. (rmd)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

IKLAN

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional