Menu

Padang Zona Oranye, Shalat Idul Fitri di Masjid dan Lapangan Ditiadakan

  Dibaca : 647 kali
Padang Zona Oranye, Shalat Idul Fitri di Masjid dan Lapangan Ditiadakan
RAPAT— Suasana rapat yang diikuti Wali Kota Padang dan Forkompinda serta pemuka agama di rumah dinas wali kota.

PADANG, METRO
Pemerintah Kota Padang memutuskan untuk meniadakan shalat Idul Fitri 1442 Hijriah di lapangan maupun seluruh masjid serta mushala yang ada.

Keputusan ini sesuai hasil rapat dengan seluruh Forkopimda Kota Padang, MUI, pemuka agama, dewan masjid serta stake holder lainnya se-kota Padang yang digelar di rumah dinas wali kota, Senin (10/5).

“Melihat kondisi penularan Covid-19 yang makin mengkhawatirkan saat ini dan status Padang yang berada pada zona oranye, dengan berat hati kita putuskan bahwa penyelenggaraan shalat Idul Fitri secara beramai-ramai di masjid, mushala serta di lapangan ditiadakan. Kami berharap masyarakat memakluminya,” kata Hendri Septa.

Hendri menjelaskan, keputusan ini juga mengacu pada arahan dari Gubernur Sumbar, Mahyeldi. Bahwa daerah yang masuk kategori zona oranye, tidak dibenarkan masyarakatnya melakukan shalat ied di lapangan terbuka, di masjid dan mushala. Karena itu akan sangat sulit mengontrol masyarakat untuk tidak berkerumun.

Untuk bisa memastikan keputusan bersama ini terlaksana, maka Pemko Padang melalui camat dan lurah akan mendatangi pengurus dari 1668 masjid dan mushala se-Kota Padang dan menyampaikan larangan tersebut. Masyarakat diharapkan dapat mematuhi agar penularan Covid-19 di bulan Syawal nanti dapat ditekan.

“Kita khawatir, semakin banyak masyarakat yang berkerumun,penularan semakin masif. Dan kota Padang terancam masuk mategori zona merah. Dan kalau kita sudah masuk zona merah, mau tak mau, semua sekolah dan pelayanan umum lainnya akan ditutup. Ini yang tidak kita inginkan,” kata Hendri Septa.

Menindaklanjuti keputusan Wali Kota Padang tersebut, Kapolresta Padang Imran Amir mengatakan pihaknya siap mendukung keputusan bersama itu dan membantu Pemko Padang mensosialisasikan kepada masyarakat.

“Kita akan terus mengingatkan agar masyarakat mematuhi agar tidak melaksaakan sholat Idul Fitri di masjid ataupun di lapangan,” tegasnya. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional