Close

Padang Panjang Barat Usulkan 78 Rencana Kegiatan di Musrenbang

SAMBUTAN— Wakil Wali Kota, Drs. Asrul berikan sambutan acara musrenbang.

PDG.PANJANG, METRO–Sebanyak 78 rencana ke­giatan diusulkan dalam Mu­syawarah Rencana Pemba­ngunan (Musrenbang) ting­kat Kecamatan Padangpanjang Barat (PBB), Selasa (15/2), di Aula Hotel Aulia Silaing Bawah. Wakil Wali Kota, Drs. Asrul yang membuka kegiatan ini menyampaikan, efi­siensi anggaran dan skala prioitas harus jadi perhatian dalam mengusulkan rencana kegiatan dalam musrenbang ini mengingat banyak faktor yang mempengaruhi.

Dikatakannya, tahun 2023 ini merupakan tahun terakhir pelaksanaan RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah). Adapun prioritas pembangunan untuk tahun 2023 di antaranya di bidang ekonomi dan pe­ningkatan kualitas sumberdaya manusia. “Pemulihan ekonomi, peningkatan kualitas pendidikan, pengamalan nilai agama dan budaya me­nuju Padangpanjang bermarwah dan bermartabat, merupakan prioritas pembangu­nan kita saat ini,” sebutnya.

Di samping itu, tambahnya, peningkatan  derajat Kesehatan, penurunan angka stunting juga merupakan salah satu prioritas. Asrul berharap pada musrenbang ini usulan yang disampaikan harus selaras dengan arah pembangunan Kota Padangpanjang saat ini. Pada semua OPD (Organisasi Perangkat Daerah) diminta agar me­lakukan analisa mendalam setiap usulan yang disampaikan. Asrul juga menekankan perhatian seluruh pihak terkait Covid-19 yang sampai hari ini sudah terdapat 47 kasus di Padangpanjang. “Untuk itu, perlu diingatkan lagi kepada semua pihak, supaya lebih meningkatkan kembali penerapan protokol kesehatan dalam berbagai kegiatan,” imbaunya.

Sementara itu, Camat PPB, Fiori Agustin, S.IP me­nyampaikan, dari rekap usulan musrenbang tingkat kecamatan PBB ini, sebanyak 48 usulan di bidang fisik, 18 usulan di bidang ekonomi, dan 12 usulan di bidang sosial budaya.

Salah satu usulan prioritas di bidang sosial budaya yaitu pemberian makanan tambahan (PMT) untuk anak yang terindikasi stunting dan pembentukan pos gizi di kelurahan se-PPB. “Ini didasari atas tingginya angka stunting di wilayah PBB. Serta belum adanya pos gizi di masing-masing kelurahan,” ungkapnya. Dalam kegiatan ini, untuk meningkatkan antusias peserta yang hadir, panitia juga menyediakan doorprize bagi peserta yang beruntung yang diserahkan langsung Wawako Asrul. (rmd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top