Close

Padang Juara Umum MTQ Nasional Tingkat Sumbar ke-39, Wali Kota : Prestasi ini merupakan bukti Man Jadda wa Jada

SERAHKAN—Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy menyerahkan trophy juara umum MTQ Nasional Tingkat Sumbar ke-39 kepada Wali Kota Padang, Hendri Septa didampingi Ketua TP PKK Kota Padang Ny. Genny Hendri Septa, Jumat, (19/11).

PDG.PANJANG, METRO–Kota Padang berhasil merebut kembali prestasi juara umum pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional Tingkat Sumatera Barat (Sumbar) ke-39 yang dihelat 12-19 November 2021 di Kota Padang Panjang. Prestasi juara umum ini me­ru­pakan yang ke-25 kalinya diraih Kota Padang sejak ajang ini diselenggarakan.

Piala penghargaan dan Trophy Bergilir diterima Wa­li Kota Padang, Hendri Septa dari Wakil Gubernur Sum­bar, Audy Joinaldy pada penutupan MTQ Nasional Tingkat Sumbar ke-29 di Lapangan GOR­ Banca Laweh, Padang Panjang, Jumat, (19/11).

“Alhamdulillah, ini hari yang sangat spesial dan bersejarah buat warga Kota Padang. Kita berhasil merebut kembali prestasi jua­­ra umum pada ajang MTQ Nasional Tingkat Sumbar yang sempat “dipinjamkan kepada daerah lain” pada MTQ sebelumnya. Prestasi ini menjadi bukti hasil dari doa dan ikhtiar yang sungguh-sungguh (man jadda wa jada) serta harapan kita bersama,” ujar Wali Kota Pa­dang, Hendri Septa didam­pingi Ketua TP PKK Kota Pa­dang, Ny. Gen­ny Hendri Septa.

LIHATKAN—Wali Kota Padang, Hendri Septa, bersama Ketua TP PKK Kota Padang Ny. Genny Hendri Septa, Ketua Umum LPTQ Kota Padang, Arfian, Kabag Kesra, Fuji Astomi memperlihatkan trophy juara umum MTQ Nasional Tingkat Sumbar ke-39.

Hendri Septa menambahkan, prestasi yang diraih Kota Padang kali ini tidak lepas dari dukungan dan kerja sama semua pihak. Dengan kemenangan ini, jangan sampai menjadikan diri jumawa dan sombong. Prestasi ini ha­rus dipertahankan pada MTQ di tahun 2023 mendatang.

“Kami ucapkan terima kasih atas perjuangan para kafilah, oficial dan pelatih serta dukungan jajaran Pemerintahan dan For­kopimda Kota Padang, Kementerian Agama Ko­­ta Padang, MUI Ko­ta Padang, LPTQ Kota Padang serta pihak-pihak terkait lainnya, sehingga Kota Pa­dang­ berhasil meraih juara umum MTQ nasional Tingkat Sumbar ke-39 ini,” pung­kasnya.

Sementara itu, Ke­­tua Umum LPTQ Kota Padang, Arfian mengatakan, Kota Pa­­dang berhasil menempati posisi pertama pada MTQ ke-39 kali ini dengan jumlah poin sebanyak 103. Disusul posisi kedua Kabupaten Tanah datar, sebanyak 62 poin dan posisi ketiga Kota Pariaman, sebanyak 59 poin.

“Kemenangan yang kita raih ini tidak lepas dari pembinaan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Padang melalui Bagian Kesra Kota Padang. Kita telah mela­kukan sejumlah persiapan bagi para kafilah dari awal Januari 2021 lalu. Mulai dari serangkaian seleksi, training centre (TC) pemantapan hingga TC ka­ran­tina,” ucapnya.

Pj Sekretaris Daerah Kota Padang itu menambahkan, Pemko Padang sudah menyiapkan reward atau bonus untuk para juara pada MTQ ke-39 kali ini. Untuk Juara Pertama di setiap cabang lomba, akan diberikan bonus sebesar Rp40 juta.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kota Padang Fuji Astomi selaku Koordinator Kafilah menjelaskan bahwa “Setelah kemenangan ini Pemerintah Kota Padang bersama Kementerian Agama dan LPTQ Kota Padang akan melakukan evaluasi guna meningkatkan kualitas Kafilah yang akan di­persiapkan pada ajang Musabaqah selanjutnya. Apa­lagi tahun 2022 Kita akan menyelenggarakan MTQN ke-40 tingkat Kota Padang di Kecamatan Ku­ranji. Kafilah berprestasi pada ajang tersebut akan dipersiapkan bersama Ka­­fi­lah yang su­dah me­raih Juara pada MTQ kali ini untuk menghadapi MTQN tingkat Suma­te­ra Barat di Solok Selatan.”

Hadir mendampingi Hendri Septa, Ketua MUI Japeri Jarab, Kakan Kemenag Edy Oktafiandi, Inspektur Syuhandra, Kabag Umum Bobby Firman, Kabag Prokompim Amrizal Rengganis, Kabag Pemerintahan Ances Kurniawan, Sekretaris Inspektorat Ferri Erviyan Rinaldy, dan Camat Kuranji Eka Putra Buhari.

Setelah berhasil me­raih gelar juara umum pada MTQ Nasional Ting­kat Sum­bar ke-39, 140 orang Kafilah MTQ yang membawa harum nama Kota Pa­dang tersebut setiba di Kota Padang, Sabtu (20/11) pagi, langsung diarak me­nge­lilingi pusat hingga se­su­dut kota yang berpendu­duk hampir satu juta jiwa itu.

Adapun dalam arak-arakan yang dipimpin lang­sung Wali Kota Padang Hendri Septa bersama Pj Setdako Padang Arfian yang dimulai dari batas Kota Padang-Pa­dang Pariaman, rombongan kafilah beserta offisial MTQ sang jawara MTQ Nasional Ting­kat Sumbar ke-39 tersebut pun disambut suka cita dan antusias warga Kota Pa­dang. Sesampai di Palanta Kediaman Resmi Wali Kota Padang, rombongan langsung disambut oleh Ketua TP PKK Kota Padang Ny. Genny Hendri Septa yang dilanjutkan dengan kegiatan syukuran dan silaturrahim.(**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top