Close

“Padang Bergoro” Hidupkan Partisipasi Publik Bersihkan Lingkungan

Wali Kota Padang Hendri Septa melaunching program “Padang Bergoro”, Minggu (17/7).

TAN MALAKA, METRO–Wali Kota Padang Hendri Septa melaunching pro­gram “Padang Bergo­ro”, Minggu (17/7). Dalam ajakannya, Hendri Septa mengimbau warganya untuk kembali aktif bergotong-royong membersihkan lingkungan.

 “Kepada seluruh ma­sya­rakat kota agar kem­bali menjalin silaturahim, semangat tolong meno­long, memupuk rasa ke­ber­sa­maan  dan kekeluargaan, serta persatuan kesatuan dalam suatu program berkelanjutan yakni ‘Padang Bergoro’,” ajaknya saat apel bersama “Padang Bergoro” di jalan Tan Malaka, Padang, Minggu pagi.

 Dijelaskan Hendri Septa, “Padang Bergoro” bertujuan untuk membangun semangat kebersamaan dan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam pe­nge­lolaan sampah agar ter­ciptanya kebiasaan hi­dup bersih dan sehat.

 Dikatakan Wali Kota Padang, gotong-royong sudah menjadi tradisi ma­syarakat Minangkabau, ter­masuk di Kota Padang. Namun seiring dengan per­kembangan zaman, tradisi ini sudah mulai pudar di tengah masyarakat.

 “Mari kita pupuk kem­bali semangat bergotong-royong,” ajak Hendri Septa.

Hendri Septa mengatakan, program “Padang Bergoro” diharapkan tidak saja menjadi ajang bersih-bersih. Tetapi juga menjadi media bertukar informasi dan kontrol sosial terhadap kebersihan.

 “Hal ini diharapkan juga meningkatkan rasa kepemilikan bersama terhadap ruang publik yang akhir-akhir ini semakin ter­gerus dengan rasa kepemilikan pribadi saja,” ungkap Hendri Septa.

 Usai melakukan apel gabungan, Hendri Septa beserta jajaran kerjanya bergerak menuju Banda Jati. Bersama pasukan kuning dan ratusan becak motor dan truk pengangkut sampah, Hendri Septa mem­bersihkan Banda Jati yang terlihat kumuh.

 Sementara itu, pakar tata kelola kota, Miko Kamal menyebut, salah satu persoalan di Padang adalah rendahnya partisipasi publik. Orang merasa cuek saja terhadap hal buruk seperti sampah yang berserakan di mana-mana, membuang sampah sembarangan, dan sebagainya. Menurutnya, partisipasi publik ini sudah seharusnya ditingkatkan.

 “Saya rasa ‘Padang Bergoro’ ini salah satu cara untuk meningkatkan partisipasi publik, gerakan ini kita harapkan terus konsisten, terima kasih kepada Pemko Padang yang sudah melakukan program ini,’ ucap Miko Kamal yang juga Koordinator Koalisi Masya­rakat Peduli Batang Arau itu. (tin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top