Close

Padang Bergoro, Besok, Wako Padang Bersihkan Banda Bakali Jati

Hendri Septa

AIA PACAH, METRO–Wali Kota Padang Hendri Septa bakal turun ke tengah masyarakatnya. Jika tak ada aral melintang, Hendri Septa membersihkan Banda Jati yang terdapat di Kecamatan Padang Timur.

“Kita bersama-sama membersihkan Banda Jati, Minggu (17/7),” ungkap Hendri Septa, Jumat (15/7/2022).

Pembersihan Banda Ja­ti merupakan program “Pa­dang Bergoro”. Dimana Wali Kota Padang ingin kembali menggugah warganya untuk peduli lingkungan dengan bergotong-royong. Nantinya, wali kota juga akan mendatangi tem­pat lain setiap bulan di awal pekan dan bergotong-royong bersama warga.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang Mairizon saat diwawancarai me­nga­takan bahwa dipilihnya Banda Jati untuk dibersihkan karena bandar ter­sebut kurang bersih dan tidak begitu terawat. Bandar yang memanjang dari simpang Rumah Potong Lama hingga ke Simpang Adabiah itu akan dibersihkan bersama-sama. Sehingga dengan bersihnya lingkungan tentunya akan berdampak ke banyak hal.

“Kesehatan akan terjaga, kota pun menjadi indah,” kata Mairizon.

Mairizon mengajak seluruh warga untuk beramai-ramai membersihkan Banda Jati pada hari Minggu tersebut. Warga diharapkan membawa alat kebersihan dan dengan kesadaran bersama bergotong-royong dari pukul 07.30 WIB. “Semoga setelah ini semakin tertanam kembali kesadaran hidup bersih dan bergotong-royong di tengah warga,” ha­rap­nya.

Untuk diketahui, Pa­dang Bergoro” merupakan program gerakan bersama warga untuk Padang Bersih. Program ini upaya dari Pemko Padang untuk mengatasi sampah dan lingkungan kumuh bersama warga.

“Kita akan berupaya menggerakkan kembali partisipasi masyarakat da­lam membangun semangat silaturahim, semangat kebersamaan, serta kesadaran membangun ling­kungan bersih sebagai tang­gungjawab bersama,” ungkap Mairizon.

Rencananya, pencana­ngan serta launching “Pa­dang Bergoro” bertempat di Kecamatan Padang Ti­mur, Minggu (17/7). Pelaksanaan pencanangan dipusatkan di jalan Tan Malaka, dekat Makko Satpol PP Padang. Nantinya, dilakukan apel gabungan serta konvoi pasukan orange bersama Wali Kota Pa­dang.

“Konvoi diikuti Wali Ko­ta Padang, pasukan orange, barisan komunitas, becak motor, truk sampah, dan lainnya. Arak-arakan ini dimulai dari Rumah Dinas Wali Kota menuju lokasi launching di Padang Timur, sedangkan gotongroyong bersama warga dilakukan di Banda Jati,” sebut Mairizon.

Nantinya, Wali Kota Padang akan saling bahu-membahu bersama warga, bergotong royong membersihkan lingkungan. Ke­gia­tan ini akan berlangsung secara rutin setiap bulannya.

“Setiap bulan Wali Kota Padang akan mendatangi tiap kecamatan dan mela­kukan gotong royong bersama warga. Program bersama wali kota itu dilaksanakan setiap bulan di pekan pertama,” sebut Kadis LH.

Mairizon menerangkan, setelah dilakukan laun­ching “Padang Bergoro”, diharapkan kesadaran war­ga untuk hidup bersih kembali terpantik. Warga dapat memanfaatkan waktunya untuk membersihkan lingkungan sekitar setiap harinya.

“Kita harapkan dukungan lurah bersama perangkat kerjanya agar program ini dapat berjalan baik hingga ke tingkat RT,” harap Mairizon. (rel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top