Menu

Pada Era IT Dibutuhkan Diskominfo

  Dibaca : 153 kali
Pada Era IT Dibutuhkan Diskominfo
RAKOR—Walikota Sawahlunto Deri Asta membuka Rakor Komnfo kabupaten dan kota se Sumbar dalam Sinkronisasi dan Sinergitas Program dan Kegiatan Kominfo.

SAWAHLUNTO, METRO
Walikota Sawahlunto Deri Asta membuka Rapat Koordinasi (Rakor) dan Komunikasi Informatika kabupaten dan kota se Sumbar dalam Sinkronisasi dan Sinergitas Program dan Kegiatan Kominfo, Statistik dan Persandian di Camping Ground Kandih, Rabu (17/3).

Kegiatan Rakor tersebut dijadwalkan dihadiri Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi tetapi karena ada urusan yang mendesak akhirnya hanya dihadiri Kadis Kominfo Sumatera Barat Jasman Rizal beserta jajarannya. Acara akan dilaksanakan selama dua hari, 17-18 Maret 2021.

Kadis Kominfo Sumatera Barat Jasman Rizal menyebutkan, Kota Sawahlunto sebagai pelaksana perdana dari Rakor Kominfo se Sumatera Barat di tahun 2021. “ Meskipun Dinas Kominfo belum terbentuk masih tergabung dengan Humas Pemko Sawahlunto. Kominfo ini dibutuhkan untuk mengumpulkan semua data dan mempermudah kinerja dari OPD dari pemerintah daerah bersinergi mengembangkan programnya. Ditambah juga Sumbar sedang mengembangkan nagari statistik sehingga data mengenai suatu daerah update tiap hari, kedepannya tidak ada lagi data yang simpang siur, “ ujar Jasman.

Di sini tugas Kominfo, adalah menyediakan aplikasi yang bisa mendukung kegiatan kota. Sebab untuk saat ini kegiatan apa saja butuh Informasi dan Teknologi (IT). Sebelumnya setiap OPD berlangganan internet sendiri dan setelah dikumpulkan biayanya mahal. Namun, setelah digabungkan dan dikelola Kominfo biaya langganan internet seluruh OPD menjadi lebih murah. bandwidth lebih hemat dan sangat efisien.

Kemudian dengan adanya Dinas Kominfo di provinsi segala urusan seperti surat izin, data-data dan internet semua diurus Kominfo, sehingga mengurangi adanya pertemuan-pertemuan. Di saat pandemi Kominfo ini menjadi sangat berperan inilah mengapa Dinas Kominfo mesti ada di setiap kabupaten dan kota, informasi, pengiriman data menjadi lebih cepat.

Walikota Deri Asta saat membuka secara resmi Rakor Kominfo se Sumatera Barat ini menyatakan, bahwa saat ini Dinas Kominfo sedang dalam proses. Tidak dipungkiri di era IT dibutuhkan hadirnya Dinas Kominfo untuk mempermudah tugas dari setiap OPD yang ada.

“Sawahlunto sudah 2 tahun memusatkan jaringan internetnya pada Kominfo yang masih merupakan bagian dari Humas. Dan betul biayanya lebih murah dengan kontrak 1 provider, meski di tahun ini provider ya berganti, tetapi tetap jaringan internet OPD diurus bagian Kominfo,” ujar Deri.

Ditambah Deri, Sawahlunto merupakan Kota Wisata sehingga akses internet itu sangat penting sekali untuk mempromosikan Sawahlunto dan menarik turis lokal dan internasional untuk mengunjungi Kota Sawahlunto yang masuk dalam UNESCO sebagai warisan budaya dunia, sesuai dengan visi misi Kota Sawahlunto Wisata Tambang dan Berbudaya. Bila pengunjung datang ke Sawahlunto ingin berfoto, berselfie tentu perlu jaringan internet, bila jaringan internet tidak ada untuk meng-upload foto tidak bisa sehingga promosi wisata tidak terjadi. Maka Sawahlunto melalui bagian Kominfo selalu berupaya mengoptimalkan tugas dan fungsinya.

Deri berharap dengan kedatangan utusan dari provinsi dan kabupaten dan kota Dinas Kominfo masing-masing, nantinya bisa membantu mempromosikan objek wisata yang ada di Kota Sawahlunto. (pin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional