Menu

Pabrik Es Tutup, Ikan di Tengah Laut Mahal

  Dibaca : 52 kali
Pabrik Es Tutup, Ikan di Tengah Laut Mahal
TUTUP— Pabrik es balok di Tuapeijat tutup. Sejak tidak beroperasi pedagang ikan kesulitan mendapatkan es balok. (syahrul/posmetro)

Mentawai,Metro – Pedagang ikan di Tempat penampungan ikan (TPI) Tuapeijat, mengeluh karena kesulitan mendapatkan es balok. Akibatnya ikan-ikan milik pedagang banyak yang tidak bertahan lama dan terkadang sudah mulai membusuk.

Pedagang ikan mulai kesulitan mendapatkan es balok sejak pabrik yang ada di TPI tidak lagi beroperasi. Akibatnya es balok terpaksa di datangkan dari daerah Sikakap. Akibatnya kos yang harus dikeluarkan pedagang semakin besar.

Jepri, Sekretaris Poklah Sar, PPI mengatakan, mengingat es balok sulit didapat, ikan yang dipasarkan pun terpaksa sedikit jumlahnya, “Memang sudah satu minggu pabrik es milik Dinas Perikanan Mentawai tidak beroperasi, sehingg kami kewalahan mencari es ikan,” ungkapnya.

As balok yang datangkan dari sikakap menggunakan kapal. Belum lagi biaya bongkar muat atau buruh dan biaya becak.

“Disamping itu ada juga masyarakat yang membeli es hanya sebanya 1 kg saja di sekitaran tuapeijat.

Katanya, sebenarnya pabrik es balok itu bukan hanya dalam minggu ini tidak beroperasi tapi sudah berlangsung.

“Terkadang hidup, kadang berulah kembali,” terangnya.

Pabrik es yang tidak berfungsi memberi dampak bagi nelayan dan masyarakat.Dengan sulitnya mendapatkan es batang tentu juga berpengaruh pada harga ikan menjadi naik. Akibatnya masyarakat pembeli pun mulai mengeluh. (s)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional