Menu

OTG Milik Lisa Diapresiasi

  Dibaca : 34 kali
OTG Milik Lisa Diapresiasi
BERSAMA—Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kota Pariaman, Ny. Lucyanel Genius, saat acara kemarin.

Ketua Himpunan Ke­ru­kunan Tani Indonesia (HKTI) Kota Pariaman, Ny. Lucyanel Genius, kemarin, apresiasi Lisa yang sukses dengan Organic Tower Garden (OTG) yang dikem­bangkannya.

Hal ini disampaikan o­leh Ketua HKTI Kota Pariaman ketika melihat secara langsung OTG karya si cantik Lisa yang biasa dipanggil icang, gadis asal desa Bungo Tanjuang, Kecamatan Pariaman Timur.

“Kami mengapresiasi Lisa yang merupakan sarjana lulusan Universitas Andalas (Unand) ini, yang  berhasil meraih satu diantara 12 pemuda se dunia, yang mendapatkan CSR dari Bangladesh Youth Lea­der­ship Centre (BYLC) pa­da Tahun 2021 pada Juli kemaren,” ungkapnya.

Organic tower garden buatan Lisa Rizka Amelia, nama lengkap Lisa ini, merupakan alat yang terbuat dari ember cat bekas dan paralon sebagai ba­han utama, dimana sampah rumah tangga dibuang di ember ini dan sekaligus menjadi pupuk pada media tanam disekelilingnya.

“Banyak pengolahan sampah organik RT yg se­perti ini. Beberapa waktu lalu, kami juga mendapat bantuan dari PT Semen Padang sebanyak 100 buah  solar biodegester. Alat ini ditanam sebagian di dalam tanah untuk selanjutnya menjadi tempat sampah organik yang juga menjadi pupuk untuk tanaman di sekitar,” ujarnya.

Ny Walikota Pariaman ini juga menuturkan bahwa terkait penemuan Lisa ini, lebih praktis dan bisa se­kaligus memilih jenis tanaman yang mau ditanam. Dan untuk yang tidak pu­nya lahan bisa juga memanfaatkan alat ini.

“Alat OTG yang dibua­­ti­­cang ini, telah dibuat sebanyak 30 buah dan dibagikan ke dasawisma di Desa Bungo Tanjung untuk menjadi percontohan dan ino­vasi bagi masyarakat desa sekitar,” terangnya.

Rencana ke depan Lisa akan membuat inovasi lagi yang bisa didanai oleh lembaga Internasional. Program-program Lingkungan memang banyak yang berminat menjadi donor, dan semoga semakin sukses kedepanya.

Lisa Rizka Amelia, me­rupakan Putri Kota Pariaman, Satu-Satunya Wakil Indonesia di Youth Climate Champion (YCC) Pada Global Youth Climate Summit 2021, Global Youth Climate Summit (GYCS) 2021, digelar oleh Bangladesh Youth Leadership Center (BYLC), dimana organisasi ini ad­a­lah lembaga kepemimpinan pertama di Bangla­desh.

“Dalam proposal kegiatan yang diajukan Lisa, Treasure Not Trash, berupa pengomposan dan pe­na­naman sayur dan buah, dengan menggunakan alat Organic Tower Garden (O­TG), dimana nantinya alat OTG ini, akan dibagikan kepada 30 ibu-ibu PKK di Desa Bunga Tanjung,” tutur tamatan Teknil Sipil Universitas Andalas (Unand) pada Februari 2021 kema­rin. “Kedepan, agar proyek treasure not trash dalam bentuk OTG ini, dapat dipakai oleh Pemko, untuk dise­barluaskan untuk ma­sya­rakat lainya, sehingga kita bersama-sama, dapat men­­dorong masyarakat ikut andil dalam kesejahte­raan ekosistem lingkungan di daerah kita,” tandasnya mengakhiri.(efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional