Menu

Ormas Tabir Bersama SMS Peduli Tenaga Medis, Bantuan APD Disalurkan ke M Djamil dan Puskesmas Rawang

  Dibaca : 599 kali
Ormas Tabir Bersama SMS Peduli Tenaga Medis, Bantuan APD Disalurkan ke M Djamil dan Puskesmas Rawang
BANTUAN—Ketua Umum Tabir Desrio Putra bersama Direktur PT Agrimitra Utama Persada, Maria Anggita menyerahkan bantuan APD kepada Puskesmas Rawang Padang Selatan.

PADANG, METRO
Ormas Tanggap Bencana Indonesia Raya (Tabir) bersama produsen air mineral PT Agrimitra utama persada yang merupakan produsen air minum kemasan ýSMS, kembali memberikan bantuan 200 alat pelindung diri (APD) di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M Djamil Padang, Jumat (17/4).

Selain menyerahkan bantuan kepada RSUP M Djamil Padang, Tabir bersama SMS juga menyalurkan bantuan APD di Puskesmas Rawang, Kecamatan Padang Selatan. Pemberian bantuan ini, merupakan lanjutan bantuan APD yang diserahkan di sejumlah fasilitas kesehatan (Faskel) di Sumbar.

“Kegiatan ini merupakan lanjutan dari yang kemarin. Sebelumnya RSUD dr Rasidin dan beberapa fasilitas kesehatan (faskel) sudah diberikan bantuan APD. Perusahaan SMS menargetkan 2000 APD yang akan diserahkan ke seluruh faskelý,” kata Ketua Umum Tabir, Desrio Putra.

Desrio Putra menambahkan, selain pemberian bantuan APD, saat ini pihaknya bersama SMS masih terus melakukan penyemprotan cairan disinfektan di seluruh rumah warga. Sejauh ini, warga sangat menyambut baik upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dengan penyemprotan ke rumah-rumah warga.

“Penyemprotan cairan disinfektan masih terus dilakukan. Rencananya sampi sebelum bulan ramdahan. Selain disinfektn, sekarang kita tambah lagi dengan bantuan APD ini kepada tenaga medis yang saat ini sedang berjuang untuk menangani pasien Covid-19,” ujar Desrio Putra yang juga anggota DPRD Sumbar ini.

Sementara itu, ýDirektur PT Agrimitra Utama Persada, Maria Anggita mengatakan, saat ini pihaknya masih menunggu datangnya APD yang telah dipesan. Dimana nantinya full paket APD ini, akan diserahkan di seluruh puskesmas di Padang.

“Tadi selain rumah sakit, kita juga serahkan ke puskesmas Rawang. Nantinya, kita akan serahkan full paket APD di seluruh puskesmas di Padang. Dimana saat ini masih ada kekurangan APD untuk tenaga medis yang bertugas di sana,” ujar Maria Anggita yang akrab disapa Enji.

Direktur Medik dan Keperawatan RSUP M Djamil Padang, Rose Dinda Martini, sangat berterima kasih kepada SMS yang juga difasilitasi bapak Desrio Putra yang telah memberikan bantuan APD ini. Pasalnya, APD sangat diperlukan sekali untuk petugas kesehatan untuk melindungi mereka dari adanya percikan virus yang sangat kecil tersebut.

“Saat ini RSUP M Djamil Padang menerima pasien positif kategori berat, maupun PDP kategori berat. Sementara untuk RSUD Rasidin Padang dan Rumah Sakit Unand, menerima pasien kategori ringan untuk PDP. Jadi untuk PDP kategori berat seperti ibu hamil atau yang mau operasi, kita yang tangani. Jadi apapun bantuan yang kita terima saat ini sangat bermanfaat sekali,” ujarnya.

Selain itu, Rose menambahkan, untuk APD sendiri, saat ini sudah banyak stok di sana, namun, pihaknya mengalami kekurangan masker N95 untuk petugas medis yang menangani pasien.

“Yang sangat kita butuhkan saat ini masker N95 dan masker bedah. Ini kita sangat minim, dicari pun susah dan harganya melambung tinggi. Kita berharap sebelum puasa, wabah virus Covid 19 ini bisa berakhir dan tidak ada lagi wabah ini di Sumbar,” harapnya.

Hal senada juga dikatakan, Lurah Rawang, Andi Amir, bantuan APD yang diberikan ke puskesmas Rawang ini sangat dibutuhkan oleh tenaga medis disini. Ditambah lagi, saat ini sudah ada warga yang dinyatakan positif. Untuk Senin mendatang, pihaknya menerapkan pelayanan kepada masyarakat untuk bisa mematuhi peraturan ataupun kebijakan yang telah dikeluarkan pemerintah.

“Apabila tidak mematuhinya, pihaknya tidak akan melayani. Harus ada pemaksaan, agar warga patuh kepada peraturan. Ini semua untuk kita bersama-sama, agar bisa memutus mata rantai penyebaran wabah virus Covid 19 di Padang,” tutupnya. (rgr)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional