Menu

Ormas Islam di Payakumbuh Tolak RUU HIP

  Dibaca : 192 kali
Ormas Islam di Payakumbuh Tolak RUU HIP
TOLAK RUU— Sejumlah massa menuju gedung DPRD Kota Payakumbuh dengan jalan kaki dan konvoi kendaraan untuk menolak RUU HIP.

SUKARNOHATTA, METRO
Ratusan warga dari berbagai daerah di Luak Limopuluah (Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota) menggelar aksi damai menolak Rancangan Undang-undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) dan Rancangan Undang-undang Badan Ideologi Pembinaan Pancasila (RUU BPIP) yang disebut-sebut menggantikan RUU HIP.

Aksi damai yang dimulai pukul 13.30 dari depan Masjid Ansharullah, Jalan Sudirman, pusat Kota Payakumbuh, massa berjalan kaki dan iring-iringan kendaraan baik roda dua maupun empat menuju gedung DPRD Kota Payakumbuh di Jalan Sukarnohatta, Koto Nan IV Kecamatan Payakumbuh Barat.

Pekikan kalimat Allahu Akbar menggema di sepanjang jalan dari Masjid Ansharullah menuju gedung dewan. Massa yang berjumlah lebih kurang 500 orang terdiri dari masyarakat dan organisasi MMC, ormas islam, Safia Community (kaum ibu), sejumlah jamaah masjid yang ada di Payakumbuh.

Koordinator aksi Ustadz Siddieq Al Minangkabawi, melalui pengeras suara membangkitkan semangat para peserta aksi damai di tengah teriknya mentari siang itu. Dengan tangan terkepal peserta aksi meneriakan kalimah takbir tanpa sedikitpun gentar.

Massa yang membawa poster dan bendera tersebut didukung Forum Masyarakat Luak Limopuluah (FORMULA) dan Gerakan Nasional Penjaga Fatwa (GNPF) Ulama Luak Limopuluah itu akan berlangsung hingga pukul 18.00 Wib atau pukul enam sore.

M. Siddieq Al-Minangkabawy menyampaikan bahwa perwakilan aksi damai berdialog dengan DPRD Kota Payakumbuh. Masa meminta DPRD Kota Payakumbuh menyampaikan aspirasi masa kepada DPR RI untuk menolak RUU HIP dan RUU BPIP.

“Rancangan Undang-undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) dan Rancangan Undang-undang Badan Ideologi Pembinaan Pancasila (RUU BPIP) yang disebut-sebut menggantikan RUU HIP segera dibatalkan,” ucap M. Siddieq.

Dalam aksi damai itu, peserta tetap mengikuti protokol covid-19 dengan menggunakan masker. Kemudian peserta aksi juga mematuhi aturan lalulintas dengan mengguna helem. Aparat kepolisian dari satuan lalulintas juga melakukan pengawasan arus lalulintas, sehingga kenderaan lalulintas tetap lancar dan Aman. (us)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional