Menu

Optimalkan Pelayanan Administrasi

  Dibaca : 312 kali
Optimalkan Pelayanan Administrasi
LAYANAN— Petugas sedang melakukan pelayanan kepada masyarakat Nagari Seulayat ulakan, Kecamatan Ulakan Tapakis, Kabupaten Padangpariaman.

PDGPARIAMAN, METRO
Mengoptimalkan pelayanan administrasi kependudukan bagi masyarakat Nagari Seulayat Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakis ,Kabupaten Padangpariaman, menerapkan program layanan rumah ke rumah yaitu petugas pergi keliling melayani administrasi kependudukan.

Program ini, disamping mengoptimalkan pelayanan administrasi kependudukan juga untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya dokumen-dokumen kependudukan yang harus dimiliki. Terutama dalam upaya mendukung program GISA, yaitu Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan. Yaitu sebuah gerakan untuk membangun ekosistem pemerintahan yang sadar akan pentingnya administrasi kependudukan.

Targetnya adalah masyarakat, aparatur petugas pelayanan Dukcapil, dan lembaga pengguna (pemerintah dan swasta). Sebagaimana diatur dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri tanggal 7 Februari 2018 dengan nomor 470/837/SJ tentang Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA).

Wali nagari Seulayat Ulakan, M. Idris menjelaskan bahwa “Go house to house” ini akan menyasar masyarakat di seluruh pelosok Korong yang ada diNagari Seulayat Ulakan langsung door to door ke rumah-rumah khususnya masyarakat lansia.

“Kami merencanakan ini, agar masyarakat yang tinggalnya jauh dari kantor Nagari/Desa dan yang tidak peduli akan Adminitrasi kependudukan, tidak perlu jauh-jauh datang ke Kantor Nagari/Desa hanya untuk mengurus Update data. Sehingga dengan adanya program ini, masyarakat merasa nyaman dan berminat dalam mengurus dokumen kependudukan,” ujarnya.

Muahammad Idris juga menambahkan, kalau nantinya pelayanan administrasi kependudukan ini bisa satu data untuk semua. Maksudnya bahwa data yang ada di Dinas Dukcapil menjadi acuan oleh instansi terkait. Seperti KPU maupun instansi yang lainnya, sehingga setiap lembaga tidak akan ada lagi data yang berbeda-beda.

Apapun yang diprogramkan, tentu akan bisa berjalan dengan baik kalau didukung oleh personil yang terampil di instansinya. “Sebaik dan sebagus apapun pogram kami, tentu tidak akan berjalan dengan baik tanpa adanya dukungan, komitmen dan integritas dari Perangkat Nagari/Desa saya,” ujar M. Idris.

Terpisah, Camat Ulakan Tapakis  Ali Amri menyampaikan rasa bangga dan sangat mengapresiasi Pemerintah nagari Seulayat Ulakan atas inovasi yang dilakukan ini. Dan apabila kegiatan ini berhasil, bisa diterapkan oleh nagari-nagari lain.

“Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar serta dapat mempercepat proses pendataan administrasi kependudukan di nagari Seulayat Ulakan, sehingga terwujud nagari Sadar Administrasi Kependudukan,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, bahwa pada upacara peringatan HUT RI ke 75 Nagari Seulayat Ulakan berhasil meraih dua penghargaan dari Bupati Padangpariaman. Pertama sebagai Nagari Statistik dan yang kedua see memperoleh peringkat kedua sebagai nagari digital di Kabupaten Padangpariaman. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional