Menu

Operasi Patuh Singgalang Berakhir, Pengendara Banyak tak Pakai Helm

  Dibaca : 160 kali
Operasi Patuh Singgalang Berakhir, Pengendara Banyak tak Pakai Helm
HENTIKAN PENGENDARA— Personel Satlantas Polresta Padang menghentikan pengendara saat Operasi Patuh Singgalang 2020.

M YAMIN, METRO
Pelaksanaan Operasi Patuh Singgalang 2020 yang dilakukan serentak di seluruh Indonesia berakhir Rabu (5/8). Yang menjadi perhatian dalam pelaksanaan kegiatan tersebut yaitu masih banyaknya pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm saat berkendara.

Dalam operasi yang berlangsung selama lebih kurang dua minggu tersebut, pelanggar masih didominasi oleh yang tidak memakai helm sehingga harus diberikan peringatan berupa surat tilang. Data yang diperoleh dari Satlantas Polresta Padang, terhitung sejak Kamis (23/7) hingga Rabu (5/8), dari total 1.418 berkas tilang yang dilayangkan, sebanyak 480 berkas diberikan kepada pengendara yang tidak menggunakan helm.

Sementara itu, berkas tilang yang diberikan bagi pelanggar delapan prioritas tilang yang ditetapkan oleh Satlantas Polresta Padang diantaranya yaitu, pengendara yang berbonceng tiga sebanyak tiga berkas, knalpot racing 64 berkas, serta tidak menggunakan sabuk keselamatan sebanyak 25 berkas.

Selanjutnya yaitu, pengendara yang melawan arus 235 berkas, satu berkas untuk pengendara yang menggunakan HP saat berkendara, kelebihan muatan 10 berkas, serta beberapa pelanggaran-pelanggaran lainnya sebanyak 441 berkas. Selain memberikan berkas tilang, juga dilakukan penanahan sementara terhadap surat kendaraan. Seperti SIM sebanyak 599, STNK 657, serta 163 kendaraan bermotor dikandangkan di Polresta Padang karena kelengkapan surat kendaraan yang tidak cukup.

Kasatlantas Polresta Padang, AKP Syukur Hendri Saputra menyebutkan, selama pelaksanaan Operasi Patuh Singgalang 2020, jajarannya tetap mengedepankan sikap persuasif dan humanis dengan orientasi mendisiplinkan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan.

“Meskipun demikian, tindakan penilangan tetap diberlakukan bagi pengendara yang melanggar delapan prioritas penilangan yang diberlakukan oleh Satlantas Polresta Padang,” terang AKP Syukur. (r)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional