Menu

Operasi Pasar Bawang Putih Direspon Masyarakat

  Dibaca : 361 kali
Operasi Pasar Bawang Putih Direspon Masyarakat
LARIS MANIS—Operasi Pasar Bawang putih laris manis diserbu masyarakat di Batusangkar.

TANAHDATAR, METRO
Operasi Pasar Bawang Putih yang digelar di depan Pasar Bertingkat Batusangkar, Kamis (27/2) cukup mendapat respon masyarakat. Terbukti baru menjelang siang, sudah terjual lebih dari 60 persen.

Ditemui di lokasi, Kasubag TU UPTD Distribusi, Pasokan dan Akses Pangan Dinas Pangan Sumbar Friswan Yuson mengatakan, operasi pasar merupakan kerjasama Dinas Pangan Provinsi dengan Pemkab Tanahdatar melalui Dinas Pangan dan Perikanan setempat.

 “Operasi pasar hadir untuk menstabilkan harga barang di pasaran dan Alhamdulillah berkat dukungan bersama, mendapat respon positif dari masyarakat, waktunya tepat hari pasar Batusangkar dan apalagi sudah dibantu sosialisasi sebelumya oleh pemerintah daerah,” sampai Friswan yang juga didampingi Kasi pada Dinas Pangan dan Perikanan Tanahdatar Suci Anggraeni.

 Friswan menjelaskan Dinas Pangan Provinsi dengan program Toko Tani Indonesia Center (TTIC) membawa 800 kg bawang putih, 10 kg bawang merah, 10 tray telur ayam dan 60 kg gula pasir.

 “Untuk bawang merah, telur ayam dan gula pasir kurang dari satu jam sudah habis terjual sementara bawang putih sudah terjual lebih 60 persen dan berharap mejelang sore bisa terserap seluruhnya oleh masyarakat,” ucap Friswan.

 Dijelaskan bawang putih dijual Rp 32 ribu per kg, harga pasaran Rp 40 ribu per kg, bawang merah Rp27 ribu per kg sementara di pasaran Rp 35 ribu per kg. Gula pasir Rp13 ribu per kg, harga pasar Rp 16 ribu per kg. Telur ayam Rp 39 ribu per tray harga pasar Rp 42 ribu per tray. “Saat ini ada kecenderungan cabe merah juga merangkak naik, tidak tertutup jika dibutuhkan kita juga akan gelar operasi pasar,” ucapnya.

 Hayati salah seorang pengunjung pasar asal Sijangek mengaku terbantu. “Pas momennya, saya rencana ada hajatan, operasi pasar mayarakat jadi terbantu, bisa sedikit berhemat, apalagi sekarang barang-barang mahal,” ujar Hayati.

Senada disampaikan Buk Mes asal Pagaruyung yang rutin belanja setiap hari Kamis. “Saya dengar radio (Luhak Nan Tuo), selain belanja kebutuhan pokok lain, mumpung lebih murah saya beli bawang putih untuk keperluan di rumah, juga tadi ada tetangga yang titip” ucap Buk Mes sambil tersenyum. (ant)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional