Menu

Operasi di 10 Provinsi, Densus 88 Tangkap 41 Terduga Teroris

  Dibaca : 164 kali
Operasi di 10 Provinsi, Densus 88 Tangkap 41 Terduga Teroris
ILUSTRASI— Tim Densus 88 melakukan penggeledahan di salah satu rumah terduga teroris yang ditangkap.

JAKARTA, METRO–Densus 88 Antiteror Polri melakukan operasi penangkapan terduga teroris. Selama tiga hari, Kamis (12/8) hingga Sabtu (14/8), di 10 provinsi, detasemen khusus itu berhasil meringkus 41 terduga teroris.

Kabagpenum Divisi Humas Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan mengatakan, sebelumnya terdapat 37 orang terduga teroris yang ditangkap. Lantas bertambah empat orang dari Banten dan Jawa Barat.

“Tambahan baru ditangkap Banten satu dan Jawa Barat tiga. Total 41,” kata Ramadhan dikonfirmasi, Minggu (15/8).

Ramadhan menyebut, untuk empat terduga teroris yang baru yang ditang­kap diduga terafiliasi dengan kelompok teroris Jamaah Islamiyah (JI). Mereka diamankan pada Sabtu (14/8) kemarin. “Ditangkap kemarin hari Sabtu (14/8/2021) kemarin. Jaringan JI,” ucap Ramadhan.

Adapun Densus 88 melakukan operasi penangkapan di 10 provinsi. Rinciannya, di Sumatera Utara (6 orang), Jambi (3), Lampung (7), Banten (5).

Kemudian, Jawa Barat (5), Jawa Tengah (10), Sulawesi Selatan (1), Maluku (1), Kalimantan Barat (1), dan Kalimantan Timur (2).

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi membenarkan penangkapan tersebut. Menurutnya,  12 orang yang diamankan tersebut terafiliasi kelompok Jamaah Islamiyah (JI).

“Arahnya ke Jamaah Islamiyah (JI). Tapi Densus 88 masih melakukan pendalaman terkait peran mereka,” ungkap Luthfi.

Dikatakan Luthfi, penangkpan dilakukan  secara serentak pada Jumat (13/8) di beberapa daerah, seperti Kota Semarang sebanyak tiga orang, Kendal satu orang, Temanggung satu orang, Banyumas satu orang, Pekalongan satu orang, Sukoharjo dua orang, Sragen satu orang, dan Boyolali dua orang.

“Ditangkap di beberapa daerah. Ada yang di Semarang, Kendal, Temanggung, Banyumas, Pekalongan, Sukoharjo, Sragen dan Boyolali”, jelas Luthfi.

Selain di melakukan penangkapan di Jawa Tengah, Densus 88 menangkap beberapa teruga teroris di wilayah Sumatra Utara. (jpg)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional