Close

Open Road Race Championship 2019, Antisipasi Balap Liar dan Knalpot Racing

STAR— Peserta Milinenial Road Race tengah melakukan star di Kota Batusangkar.

TANAHDATAR, METRO – Milennial Road Safety Festival, IMI Sumbar gelar Kejurda Balap Motor IMI Sumbar Seri-I. Acara yang digagas bersama Polres Tanahdatar itu dikemas dalam Access Speed Denas FDR HRS Faito FSCM KYT KYB Open Road Race Championship 2019.

Acara yang dilaksanakan, Minggu lalu, di Sirkuit Non Permanen Lapangan Cindua Mato Batusangkar tersebut dibuka resmi Bupati Tanahdatar Irdinansyah Tarmizi.

Bupati Tanahdatar Irdinansyah mengapresiasi, Kapolres Tanahdatar bersama jajaran dan IMI Sumbar yang telah menggelar acara tersebut di Batusangkar. Ini juga dalam pembinaan generasi muda. Selain itu balap motor atau road race juga sudah merupakan bagian dari kegiatan olah raga. Namun harus ada aturan yang harus diikuti, bukan berarti usai acara ini balap liar diperbolehkan itu tidak benar dan itu mengganggu ketentraman masyarakat, sekali lagi diharapkan tidak ada lagi balap liar, maupun knalpot racing.

“Semoga dengan adanya aturan-aturan yang dikeluarkan Polres Tanah Datar, dan pemerintah daerah itu akan dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas di Tanah Datar, mari kita jaga dan taati aturan secara bersama, sehingga daerah kita akan semakin baik dan maju kedepannya,” ulas Irdinansyah.

Sebelumnya Kapolres AKBP Bayuaji Yudha Prajas mengatakan, pembalap untuk bertanding dengan sportif dan mengikuti aturan pertandingan. Kepada seluruh pengendara baik kendaraan roda dua maupun roda empat untuk selalu mematuhi peraturan lalu lintas.

“Open Road Race kali ini adalah tahun yang kedua kita laksanakan di Batusangkar, walau sebelumnya sempat lama fakum, dan kali ini lebih semarak dari tahun sebelumnya, ini terlihat dari ramainya penonton yang menyaksikan,” ucap Bayuaji.

Dikatakan, mudah-mudahan ini menjadi iven tahunan yang akan mengedukasi dalam rangka pembinaan generasi milenial dalam olah raga otomotif. Dan ke depan berharap muncul pembalap-pembalap handal dari Tanahdatar yang akan membawa nama baik daerah baik di Sumabar maupun Nasional.

Bayuaji sampaikan, pada generasi milenial agar tidak ada lagi balap-balap liar di Tanahdatar.

“Ke depan saya tidak adalagi menerima laporan adanya balap liar, jika nanti ada, saya akan gantung motornya di pohon,” tegas Bayu.

Ketua IMI Sumbar Irwan Afriadi menyebutkan, jika Open Road Race Championship tahun 2019 di Batusangkar ini adalah putaran yang pertama di Sumatera Barat. Di tahun 2018 sudah dilaksanakan sebanyak 5 putaran, dan tahun 2019 juga direncanakan juga sebanyak 5 putaran.

Dia juga ucapkan terima kasih pada Pemerintah Kabupaten Tanah Datar yang memberi dukungan kegiatan ini, “Semoga dengan adanya acara ini akan lahir pembalap handal dari Tanah Datar, karena selama ini kita belum punya pembalap dari Tanah Datar, ucapnya.

Pada ajang balap motor yang direncanakan 35 race dengan peserta lebih kurang 300 pembalap itu juga dideklarasikan tertib berlalu lintas kepada kaum milenial oleh jajaran Polres Tanah Datar. (ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top