Empat, Larangan Penggunaan Perangkat Penambah Performa. Seluruh peÂrangkat peninggi (ride-height devices) dan sistem holeshot akan dilarang sepenuhnya mulai 2027. Regulasi ini bertujuan meÂngurangi risiko kecelakaan, terutama pada awal balapan.
Tanpa bantuan perangkat tambahan, pembaÂlap akan lebih dituntut meÂngandalkan keterampilan teknis dan insting balap murni. Hal ini akan meÂningkatkan persaingan yang adil dan memperkuat nilai sportivitas.
Lima, Keterbukaan Data GPS Antar Tim. Data GPS seluruh pembalap akan dibuka untuk semua tim setelah setiap sesi resÂmi berlangsung. Tujuannya adalah memperkecil kesenjangan performa dan memberikan peluang kepada tim yang lebih lemah untuk berkembang.
Transparansi data ini juga mendukung peningkatan keselamatan melalui analisis pola balapan yang lebih mendalam. Di sisi lain, penggemar juga akan memperoleh lebih banyak wawasan teknis dari jalannya setiap balapan.
Enam, Sistem Konsesi yang Reaktif dan Merata. Semua pabrikan akan memulai musim 2027 dari Peringkat B dalam sistem konsesi. Evaluasi performa akan dilakukan kembali pada pertengahan musim untuk menentukan perubahan peringkat dan konsesi.
Sistem ini bersifat reaktif terhadap performa nyata di lintasan sejak awal musim. Dengan begitu, kesenjangan antar pabrikan dapat diminimalisasi dan persaingan tetap kompetitif sepanjang musim. (jpg)
















