JAKARTA, METRO–ASEAN Football Federation (AFF) mengungkapkan bahwa kompetisi tertinggi antar tim nasional pria di Asia Tenggara kini bernama ASEAN Hyundai Cup. Nama ini berubah lantaran AFF menjalin kerjasama dengan Hyundai Motor yang merupakan merek otomotif asal Korea Selatan.
Tak sampai di situ, berdasarkan kesepakatan yang ditandatangani oleh mitra komersial eksklusif AFF, Sportfive, Hyundai kini menjadi Presenting Partner untuk tiga kejuaraan sepak bola besar ASEAN lainnya, yaitu ASEAN Club Championship Shopee Cup, ASEAN Women’s MSIG Cup, dan ASEAN U-23 Championship.
Bersama dengan Hyundai Cup, seluruh kegiatan tersebut kini akan dikenal secara kolektif sebagai ASEAN United FC.
Mr. Sunny Kim, Presiden Hyundai Motor Asia Pacific, mengatakan, bagi Hyundai, sepak bola bukan hanya olahraga, melainkan sebuah wadah yang menyatukan dan memberdayakan komunitas.
“Dengan pengalaman kemitraan global selama lebih dari 26 tahun, kami melihat kawasan ASEAN memiliki semangat sepak bola yang terus berkembang pesat. Dukungan sponsor ini selaras dengan visi kami yaitu ‘Progress for Humanity’ dengan mendukung pendidikan, inklusi, dan pertumbuhan yang berkelanjutan,” kata Sunny dalam keterangannya dikutip Selasa (27/5).
Sementara itu, Presiden AFF, Major General Khiev Sameth, mengatakan, bahwa federasi Sepak Bola ASEAN dan Asosiasi Anggota AFF merasa terhormat menyambut Hyundai sebagai Mitra Utama ASEAN Hyundai Cup.




















