Uji Laga Bersama SSB Astaga Durian Taruang, Siswa MIN 6 Asah Kemampuan Sepak Bola

FOTO BERSAMA— Kepala MIN 6 Kota Padang Rusmatul Amri bersama pelatih Febri, Hendra poto bersama dengan tim sepak bola dari Min 6 Kota Padang dan SSB Astaga Durian Taruang.

PADANG, METRO–Madrasyah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 6 Kota Padang terus mengasah kemampuan siswanya dibidang olahraga sepak bola dengan melakukan tanding persahabatan  dengan Sekolah Sepak Bola (SSB) Astaga Durian Taruang, Sabtu (26/10).

Kepala MIN 6 Kota Padang, Rusmatul Amri mengatakan, SSB Astaga Durian Tarung merupakan salah satu sekolah sepakbola yang cukup berprestasi. “Dengan bertanding di luar sekolah, kami ingin mengasah kemampuan siswa serta menambah pengalaman dan membentuk mental mereka,” ungkapnya.

Dalam pertandingan persahabatan tersebut, SSB Durian Taruang menang 2-0 dari MIN 6. “Meski kalah, kita cukup puas dengan kemampuan anak-anak, yang tergolong baru dalam  kegiatan sepakbola ini,” ujarnya.

Menurutnya, dalam pertandingan persahabatan ini, pihaknya bukan mencari kemenangan. “Yang terpenting adalah pembentukan mental siswa ketika bertanding di luar. Kita juga ingin menseleksi bibit baru sepak bola sejak usia dini di MIN 6 Kota Padang,” jelasnya.

Katanya, selama ini banyak anak-anak yang memiliki  hobi olahraga bola, namun mereka tidak terakomodir dan tidak punya wadah untuk menya­lurkan bakat bakat mereka. Sejak menjadi kepala MIN 6 Kota Padang, dia mulai mengarahkan dan mencari pelatih bagi anak-anak untuk mengakomodir keinginan mereka.

“Alhamdulillah, meski kecil dan sederhana, kita sudah punya lapangan bola untuk anak-anak. Dan mereka bisa bermain dengan arahan dari pelatih. Kami juga berharap, ada bantuan dari pihak manapun untuk melengkapi fasilitas lapangan tersebut,” harapnya.

“ Selain olahraga bola, di sekolah juga sudah ada latihan rutin olah raga karate, anak anak yang mengikuti terlihat serius. Para orang tua juga mendukung kegiatan ini. Bahkan untuk karate, kita suda mengikuti beberapa pertandingan,” tambahnya.

Menurutnya, olahraga di sekolah penting untuk dilakukan, selain untuk ketahanan fisik, karena olahraga dapat membantu siswa meningkatkan daya tahan, kekuatan otot, dan keseimbangan tubuh serta menurunkan stres karena penat belajar, juga untuk membiasakan hidup sehat.

Melalui kegiatan olahraga disekolah, lanjutnya, juga diyakini bisa mencegah dari kegiatan negatif. “Permasalahan sosial yang sering terjadi dikalangan pelajar saat ini, seperti tawuran, buli dan sejumlah tindakan agresif negatif lainnya, dapat dicegah dengan cara melibatkan para siswa pada kegiatan positif seperti olahraga,” ungkapnya.

Terakhir, dia menyebutkan latihan  ini juga bagian dari rencana MIN 6 Kota Padang bakal menggelar Tanding persahabatan tingkat kelurahan dalam waktu dekat. “Ini baru kita wacanakan, semoga saja bisa terlaksana dengan baik,” pungkasnya. (hsb)

 

Exit mobile version