Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Sejarah Indonesia Berlaga di Ronde ke-3

LATIHAN— Skuad Timnas Indonesia menggelar latihan jelang menghadapi Arab Saudi di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Ronde 3 pada Jumat (6/9), dinihari WIB, di Stadion King Abdullah Sports City, Jeddah, Arab Saudi.

JAKARTA, METRO–Indonesia akan menghadapi Arab Saudi dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Ronde 3 pada Jumat (6/9), mulai pukul 01.00 WIB, di Stadion King Abdullah Sports City, Jeddah, Arab Saudi.

Laga kali ini bakal jadi sejarah baru bagi Timnas Indonesia, karena untuk pertama kalinya Merah Putih akan berlaga di putaran 3 Pra Piala Du­nia. Hasil positif jelas menjadi bidikan tim besutan Shin Tae-yong, meski pada matchday pertama Grup C kali ini mereka melakoni laga away.

Timnas Arab Saudi menjadi salah satu unggulan di Grup C, bersama Jepang dan Australia. Ketiga tim tersebut diprediksi jadi yang terdepan untuk memperebutkan 2 tiket lolos otomatis ke Piala Dunia 2026 dari grup ini.

Grup C dihuni oleh 3 tim langganan lolos Piala Dunia. Mereka adalah Arab Saudi (6 kali), Australia (6 kali), dan Jepang (7 kali). Ketiga tim tersebut juga selalu lolos pada 2 edisi terakhir Piala Dunia (2018 dan 2022).

Regulasi yang hanya memberikan 2 tiket lolos otomatis dari masing-masing grup di ronde 3, bakal menjadikan persaingan kian ketat. Asumsi 2 tim unggulan lolos, maka masih tersisa 1 tim unggulan yang kemungkinan menduduki pe­ringkat 3 di klasemen akhir untuk berlanjut ke ronde 4.

Dengan demikian hanya tinggal 1 tiket yang kemungkinan masih bisa diperjuangkan oleh tim-tim kuda hitam alias non unggulan di Grup C, termasuk salah satunya Timnas Indonesia.

Bagi Timnas Arab Saudi jadwal matchday 1 kontra Indonesia jadi kesempatan bagus untuk mengamankan poin penuh. Dari sisi ranking FIFA, Merah Putih (peringkat 133) jadi tim terlemah di Grup C.

Hasil laga pertama bakal krusial bagi Timnas Arab Saudi besutan Roberto Mancini. Selepas ini dalam jadwal match­day 2, The Green Falcons bakal melakoni laga away ke China.

Start positif dibutuhkan Arab Saudi, mengingat para tim unggulan lainnya juga akan melakoni laga home di jadwal pembuka. Timnas Jepang menjamu China, sementara Australia menerima kedata­ngan Bahrain.

Di sisi lain, Timnas Indonesia juga telah melakukan rangkaian persiapan jelang pertan­dingan di Jeddah. Skuad Garuda sudah berkumpul sejak 29 Agustus 2024 di Jakarta, de­ngan materi pemain yang ber­karier di Liga 1.

Saat ini para pemain Timnas Indonesia dari kompetisi lokal sudah tiba di Jeddah, diikuti para pemain abroad yang langsung bertolak dari negara masing-masing menuju Arab Saudi.

“Memang persiapan harus baik. Apalagi ini pertama kalinya kita bermain di ronde 3, artinya kita harus lebih fokus lagi, lebih bekerja keras lagi. Pastinya pemain sendiri akan melakukan yang terbaik,” kata pelatih Shin Tae-yong, dikutip dari laman resmi PSSI.

Timnas Indonesia tidak bisa menurunkan 2 bek andalan Justin Hubner dan Jordi Amat di laga ini. Hubner dalam masa skorsing 1 laga akibat akumulasi kartu kuning, namun bisa bermain kontra Australia pada 10 September 2024. Sedangkan Amat absen dalam 2 laga bulan ini lantaran tengah pemulihan cedera.

Di sisi lain, Timnas Arab Saudi besutan Mancini dikabarkan bisa memainkan skuad terbaik. Para pemain andalan seperti Ali Al-Bulaihi, Salem Al-Dawsari, dan Mohamed Kanno, bisa diturunkan. Begitu juga dengan Saud Abdulhamid, sebagai pemain Arab Saudi pertama yang berkarier di Liga Italia (Serie A) usai direkrut AS Roma. (*/rom)

Exit mobile version