Prediksi Austria vs Prancis, Menanti Pembuktian Kekuatan Les Bleus di Euro 2024

ADU STRATEGI: Didier Deschamps akan beradu strategi dengan Ralf Rangnick saat Prancis menghadapi Austria di fase grup Euro 2024. (AFP/Franck Fife)

Merkur Spiel-Arena di Dusseldorf, Jerman, akan menjadi tempat per­tandingan saat Austria menghadapi Prancis, Selasa (18/6) dini hari WIB. Austria, yang berada dalam performa terbaiknya, akan meladeni favorit juara Pran­cis di penyisihan Grup D.

Das Team belum pernah lolos melewati babak 16 besar kejuaraan continental Benua Biru, sementara Les Bleus memiliki dua gelar Piala Eropa. Akan tetapi, ada beberapa kesalahan yang harus diperbaiki skuad asuhan Didier Deschamps dari tiga tahun lalu.

Sementara Ralf Rangnick, salah satu dari ba­nyak pelatih yang menolak kesempatan untuk menggantikan Thomas Tuchel di Bayern Muenchen sebelum juara Jerman itu beralih kepada Vincent Kompany, mencoba peruntungan mereka di laga nanti.

Rangnick – meskipun mengalami nasib buruk di kursi panas Manchester United – telah bekerja de­ngan baik bersama Das Team. Kerja kerasnya bersama Austria membuatnya membawa David Alaba dan kawan-kawan sebagai salah satu tim paling baik di benua itu.

Austria hanya terpaut satu poin dari Belgia di babak kualifikasi, setelah mem­bukukan enam kemenangan dari delapan laga. Mereka hanya kehilangan lima poin, dan capaian ini membuat mereka hendak memperbaiki reputasi di Euro 2024. Me­reka sebelumnya tak men­dapatkan hasil apapun alias mentok di fase grup Euro 2008 dan 2016.

Prancis memang layak membuktikan diri mereka sebagai salah satu penantang gelar juara Euro 2024. Maklum, tema patah hati masih menyelimuti Kylian Mbappe dan kolega setelah menaklukkan dunia (Piala Dunia 2018) dan UEFA Nations League tiga tahun silam. Apalagi, Prancis punya reputasi buruk, di mana mereka kurang bersinar bermain di Jerman dalam 24 tahun terakhir.

Namun, Didier Deschamps – satu-satunya orang yang masih hidup da­lam memenangkan Piala Dunia sebagai pemain dan pelatih – tetap berada di kursi panas Les Bleus. Deschamps tentunya ingin membawa tim asuhannya melaju jauh di Euro 2024.

Apalagi, sejak gol emas David Trezeguet melawan Italia, satu-satunya catatan nyata Prancis di Euro terjadi pada edisi 2016. Sa­yang, mereka secara kebetulan dikejutkan oleh gol emas Eder dari Portugal di edisi tersebut. Mereka sebelumnya juga tersingkir di perempat final pada 2004 dan 2012, serta mentok di fase grup Euro 2008.

Prediksi Line-up

Austria (4-2-3-1): Pentz; Posch, Danso, Wober, Mwe­ne; Siewald, Grillitsch; Laimer, Sabitzer, Baumgartner; Gregoritsch

Prancis (4-2-3-1): Maignan; Kounde, Saliba, Upamecano, Hernandez; Kante, Rabiot; Dembele, Griezmann, Mbappe; Turam

Dengan persiapan matang sebelum bertolak ke Jerman, termasuk keme­nangan 3-0 atas Luksemburg dalam pertandingan persahabatan pertama me­reka bulan ini, Deschamps optimistis dapat mewujudkan target tersebut. Apalagi, Les Bleus belum pernah dikalahkan di penyisihan grup sejak Euro 2012.(Jpc)

Exit mobile version