Aleix Espargaro Umumkan Pensiun dari MotoGP, Akhiri Karier Setelah Berkiprah Selama 21 Tahun

UMUMKAN PENSIUN— Pembalap senior MotoGP, Aleix Espargaro, mengumumkan bahwa dirinya akan pensiun pada akhir 2024.

SPANYOL, METRO–Pembalap senior MotoGP, Aleix Espargaro, me­ngu­mumkan bahwa dirinya akan pensiun pada akhir 2024.

Aleix Espargaro, disebut akan mengakhiri kariernya di balapan Grand Prix setelah berkiprah selama 21 tahun.

Aleix mengumumkan keputusan ini dalam sebuah konferensi pers khu­sus di Catalunya pada Kamis (23/5).

Pembalap dari tim Apri­lia itu mengumumkan ke­putusannya jelang balapan Grand Prix di Circuit de Barcelona-Catalunya, Spa­nyol.

“Seperti yang bisa ka­lian bayangkan, pada akhir musim ini saya akan pensiun sebagai pembalap MotoGP. Ini merupakan perjalanan yang me­nye­nangkan, saya sangat me­nik­matinya, terima kasih semuanya,” kata Aleix, dikutip dari motogp.com, Kamis (23/5).

Pembalap berusia 34 tahun itu mengungkap alasannya mengumumkan pensiun di Catalunya. Ba­ginya, Catalunya merupakan tempat yang spesial dan bersejarah dalam karier balapnya.

“Ini adalah tempat yang spesial, tempat saya mulai berkendara, dan tem­pat tahun lalu menjadi mimpi yang menjadi kenyataan bagi saya, jadi ini adalah tempat yang tepat untuk mengumumkan bahwa saya akan pensiun sebagai pembalap penuh waktu,” ungkap Aleix.

Aleix sebenarnya me­ngaku masih ingin balapan dan masih merasa kom­petitif, tapi hatinya berkata lain. Lebih dari itu, ia juga ingin memfokuskan waktunya untuk keluarga.

“Kepala saya mengatakan bahwa saya dapat terus membalap dan menjadi cepat di grid bersama para pembalap terbaik dalam sejarah, dan saya merasa kompetitif dan secara fisik bagus, tetapi hati saya meminta saya untuk berhenti,” katanya.

“Saya ingin mengha­biskan lebih banyak waktu di rumah, bersama istri dan anak-anak saya, jadi itulah mengapa saya memutuskan untuk menepi dan menikmati hidup dengan cara yang lebih santai,” lanjutnya.

Tak lupa, pembalap asal Spanyol itu juga mengucapkan banyak terima kasih kepada Aprilia. Ba­ginya, pencapaiannya dengan Aprilia merupakan sebuah mimpi yang menjadi kenyataan.

“Saya telah bermimpi, dan itulah salah satu alasan saya memutuskan untuk berhenti. Sudah cukup, saya sudah bersenang-senang, dan saya ingin pensiun sebagai pembalap penuh waktu dengan pe­rasaan yang baik,” pungkas Aleix.

Selama 21 tahun ber­kiprah di balapan Grand Prix, Aleix Espargaro telah melakoni lebih dari 300 balapan dengan capaian tiga kemenangan dan 12 podium. Pencapaian terbaik­nya adalah finish di posisi keempat klasemen akhir kelas MotoGP pada tahun 2022. (jpg)

Exit mobile version