Manchester City VS Manchester United, Asa Setan Merah Main di Liga Eropa

INGGRIS, METRO–Duel derby Manchester antara Manchester City VS Manchester United akan tersaji pada laga final FA Cup 2024 di Stadion Wem­bley, London, Sabtu (25/5) pukul 21.00 WIB.

City dengan segala ke­kuatannya memang layak menjadi unggulan di per­tandingan ini. Mental juara mereka telah teruji. Teru­tama juga karena pekan lalu City telah memastikan gelar Liga Inggris dan kini mereka tentu mengingin­kan gelar kedua musim ini di Wembley.

Bagi United laga ini ti­dak hanya menjadi perta­ruhan sebuah piala. Musim depan bagi United juga akan diten­tukan dari hasil laga ini karena jika bisa menang, United akan ber­hak main di Europa League 2024-25.

Manchester United asu­han Erik ten Hag hanya bisa mengakhiri musim di peringkat delapan klase­men Liga Inggris. Artinya, United gagal lolos ke kom­petisi antarklub Eropa dari jalur klasemen liga. Akan tetapi, mereka masih bisa mendapatkan kesempatan terakhir itu dengan cara menjuarai Piala FA.

Pemenang Piala FA me­mang mendapatkan satu tiket ke babak grup Europa League musim depan. Mau finis di posisi berapa pun di liga, juara Piala FA akan tetap melenggang ke Ero­pa. Namun, beda halnya jika City yang juara, United tidak akan kemana-mana musim depan melainkan hanya akan berlaga di kompetisi domestik saja.

Oleh karenanya arti penting laga final ini sangat besar bagi United. Keme­na­ngan juga akan mem­berikan kebahagiaan bagi fans mengingat musim ini berlalu begitu buruk bagi United.

“Kami harus meme­nangi Piala FA untuk fans karena mereka juga me­nempuh jarak yang jauh untuk mendukung kami. Mereka selalu di belakang kami, apa pun yang terjadi. Mari kita akhiri semuanya di Wembley dan berjuang hingga akhir,” kata kiper Andre Onana di laman resmi klub.

City sendiri tampaknya belum bosan menjadi yang terbaik. Mereka datang ke laga ini dengan status se­bagai juara bertahan. Me­nariknya, laga ini juga merupakan laga ulangan final musim lalu kala City mengalahkan United 2-1 melalui dua gol Ýlkay Gün­doðan.

Juara kembali menjadi target City di laga ini. Me­reka tentu tidak akan mele­pas kesempatan meraih trofi. Apalagi ini adalah laga derby sehingga keme­nangan memberikan arti lebih bagi fans.

“Setiap final adalah laga spesial dan tentu saja kami ingin memenanginya. Tahun lalu Gundo [Gün­doðan] mencetak gol cepat dan membuat kami me­ngawali laga final dengan baik. Namun, kita semua tahu kami hanya menang 2-1 dan itu adalah laga yang ketat,” jelas gelan­dang Rodri dikutip laman resmi klub.

City bisa memainkan skuad terbaiknya di laga ini kecuali Ederson. Pemain lain seperti Erling Haaland, Kevin De Bruyne, Phil Fo­den, Bernardo Silva, Kyle Walker, dan yang lain dika­barkan bisa main di per­tandingan ini.

United di sisi lain dika­barkan mendapatkan tam­bahan tenaga dari Raphaël Varane dan Lisandro Mar­tínez. Bagi Varane, laga ini tentu akan spesial baginya karena akan menjadi per­tandingan pemungkasnya bersama United. (*/rom)

Prediksi Susunan Pemain

Manchester City (4-2-3-1): Stefan Ortega; Kyle Walker, Rúben Dias, Manuel Akanji, Joško Gvardiol; Rodri, Mateo Kovaèiæ; Kevin De Bruyne, Bernardo Silva, Phil Foden; Erling Haaland.

Pelatih: Pep Guardiola

Manchester United (4-2-3-1): André Onana; Diogo Dalot, Raphaël Varane, Lisandro Martínez, Aaron Wan-Bissaka; Casemiro, Kobbie Mainoo; Bruno Fernandes, Amad Diallo, Alejandro Garnacho; Rasmus Højlund.

Pelatih: Erik ten Hag

Exit mobile version