Antar Liverpool Taklukkan Tottenham Hotspur, Mohamed Salah Pecahkan Rekor Wayne Rooney

RAYAKAN GOL— Pemain Liverpool merayakan gol yang diciptakan Mohamed Salah ke gawang Tottenham Hotspur pada lanjutan Liga Premier Inggris, Minggu (5/5) malam.

INGGRIS, METRO–Penyerang Liverpool, Mohamed Salah mencapai prestasi Liga Premier yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam kemena­ngan 4-2 The Reds atas Tottenham Hotspur di Anfield, Minggu (5/5) malam.

The Reds bangkit kem­bali dari penampilan di bawah standar mereka baru-baru ini dengan serangan tanpa henti melawan tim asuhan Ange Pos­tecoglou, sehingga memperpanjang perebutan gelar tiga arah setidaknya selama sepekan lagi.

Mohamed Salah me­mulai kemenangan pada menit ke-16, setelah sundulan dari umpan Cody Gakpo terbukti tidak mampu untuk dicegah oleh Guglielmo Vicario.

Menjelang turun minum, pemain Timnas Mesir itu kemudian memaksa Vicario melakukan penyelamatan, yang mengarahkan bola pantul ke arah Andrew Robertson untuk dikonversi menjadi gol, dan tim asuhan Jurgen Klopp tidak puas untuk mencetak dua gol.

Setelah Harvey Elliott menyundul umpan Gakpo untuk gol ketiga The Reds di awal babak kedua, Mohamed Salah kemudian memberi umpan kepada pemain Inggris itu untuk melepaskan tembakan ja­rak jauh ke sudut atas, menghasilkan sepotong sejarah Premier League dalam prosesnya.

Pemain berusia 31 ta­hun itu telah mencetak dua digit di musim Liga Premier sebelum pertandingan hari Minggu (5/5), dan sekarang mencetak 18 gol di liga, tetapi assistnya untuk Elliott menandai assistnya yang ke-10 di mu­sim 2023-24.

Dengan memberikan umpan terakhir kepada pemain asal Inggris tersebut, Mohamed Salah  menjadi pemain Premier League pertama yang mencetak setidaknya 10 gol dan mem­berikan setidaknya 10 assist dalam tiga musim berturut-turut di kompetisi tersebut.

Mantan pemain Chel­sea itu mencetak 19 gol dan 12 assist musim lalu, sebelum itu ia mencetak 23 gol – terbanyak bersama Son Heung-min – dan mem­buat 13 gol lagi selama musim 2021-22.

Mohamed Salah hanya mencetak lima gol pada musim 2020-21, namun ia juga mencetak dua digit angka pada kedua metrik tersebut pada musim 2019-20 yang memenangkan gelar Liverpool (19 gol dan 10 assist) dan debutnya pada musim 2017-18 bersama Liverpool (32 gol dan 10 assist)

Hanya Wayne Rooney yang juga mencetak 10 gol dan memberikan 10 assist dalam lima musim Liga Premier yang berbeda, dan Jurgen Klopp membahas penampilan Mohamed Sa­lah dalam konferensi pers pasca pertandingan.

Pasangan ini terlibat dalam pertengkaran di pinggir lapangan saat bermain imbang 2-2 akhir pekan lalu dengan West Ham United, setelah itu Salah mengklaim bahwa akan ada “api” jika dia membuka pembicaraan dengan manajernya.

Namun, bos The Reds berkali-kali menegaskan bahwa masalah tersebut telah dikuburkan, yang kemudian diungkapkan ketika ia mengembalikan Mohamed Salah ke lineup awal untuk pertandingan hari kontra Spurs, dan pemain asal Mesir itu membuat Emerson tampil compang-camping sepanjang pertandingan.

Sambil memuji Elliott yang luar biasa, Jurgen Klopp juga memberikan kata-kata untuk Mohamed Salah, dengan mengatakan: “Harvey luar biasa. [Dia] masih sangat muda, sangat luar biasa. Dia, untuk waktu yang lama, a­dalah salah satu pemain terbaik kami ketika dia bermain. sayap kanan ketika Mo cedera atau di Piala Afrika. Dia bermain luar biasa.

“Sisi kanan, bersama dengan Mo – Mo juga luar biasa hari ini – Harvey dan Trent [Alexander-Arnold] dapat memainkan peran ini dan memutuskan dengan lebih baik bahwa dia juga bisa tetap melebar karena kami berada di tengah, dari segi sepak bola, sudah diatur dengan baik.”

Liverpool secara mate­matis masih dalam perburuan gelar di tempat ketiga menjelang lawatan me­reka ke Aston Villa pada 13 Mei, namun mereka tertinggal lima poin dari puncak, dan satu kemenangan dari Arsenal atau Manchester City akan menyingkirkan mereka dari persaingan. (jpg)

Exit mobile version