Kompetisi Unik Tinju Catur, Olahraga Gabungan Antara Kekuatan Otot dan Kemampuan Otak

TINJU CATUR— Olahraga Tinju Catur,/ (World Chess Boxing Organisation).

JAKARTA, METRO–Kompetisi yang benar-benar unik di dunia olahraga adalah tinju catur. Olah­raga tinju catur, memadukan dua kompetitif yang sering dianggap berlawanan untuk menciptakan olah­raga gabungan yang sa­ngat menyenangkan untuk ditonton.

kedua olahraga tersebut tidak dimainkan bersamaan, melainkan peme­nang ditentukan oleh skakmat dalam catur, KO atau kemenangan poin dalam tinju.

Ini adalah olahraga de­ngan penonton yang ikut bersemangat dan masih terus berkembang, serta otoritas pemerintahan yang berkomitmen untuk me­ningkatkan daya tarik­nya.

Dilansir dari sidekick­boxing.co.uk, Kamis (25/4), berikut fakta dari olahraga unik hasil penggabungan dari tinju catur.

Sebagai informasi, tinju catur didirikan pada tahun 1990an oleh Asosiasi Tinju Catur Dunia didirikan. pada tahun 2003 dan semakin populer di seluruh dunia.

Olahraga ini telah menjadi olahraga internasional dengan dukungan dari berbagai negara seperti Inggris, Jerman, Belanda, Perancis, Rusia, dan Je­pang. Agar dapat berkompetisi di tingkat tertinggi,

Tinju catur adalah olah­raga di mana para pemain harus mahir dalam 2 hal yaitu catur dan tinju.

Ada 11 ronde dalam kompetisi ini, dengan jeda 1 menit antara setiap per­tandingan catur dan per­tandingan tinju.

Setiap babak catur berlangsung selama 4 menit. Sebelum kembali ke papan catur, para pemain terlibat dalam ronde tinju selama tiga menit.

Sarung tinju yang di­kenakan oleh setiap pemain akan dilepas saat permainan catur berlangsung.

Para pemain diberikan headphone saat bermain catur sehingga mereka tidak akan mendengar saran dari penonton.

Jika wasit merasa ada pemain yang mengulur-ulur waktu, mereka bisa melakukan intervensi.

Jika tidak ada skakmat selama permainan catur berlangsung maka papan catur akan dikeluarkan dari ring dan lawan akan me­ngenakan peralatan tinju dan mulai permainan tinju selama 3 menit.

Setiap ronde, papan catur dikembalikan ke ring dan para pemain melanjutkan dari posisi terakhir.

Ronde tinju dinilai berdasarkan sistem poin, sama seperti pertandingan tinju umumnya.

Permainan catur akan dilanjutkan dengan menghitung kembali poin tinju, yang sangat jarang terjadi dalam olahraga ini adalah jika tinju berakhir seri, pemain yang menggunakan bidak catur hitam dinyatakan sebagai pemenang.

Kedua tugas ini membutuhkan banyak perencanaan dan ketekunan. Ini adalah faktor penting da­lam seberapa baik mereka bergaul.

Selain itu, banyak pe­tinju berpikir bahwa bermain catur membantu me­reka dalam usaha tinju karena membantu mereka dalam hal mental. Dengan pertimbangan-pertimbangan ini, jelas bahwa tinju catur memiliki masa depan yang menjanjikan. (jpg)

Exit mobile version