Napoli vs Barcelona, Waspada Teror Lewandowski

Napoli akan menjamu Barcelona di Stadio Diego Armando Maradona pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2023/2024. Pertandingan Napoli vs Barcelona ini akan kick off Kamis (22/2) jam 03:00 WIB.

Napoli memang sedang goyah jelang 16 besar UCL yang demikian krusial. Akibat hasil imbang 1-1 di kandang melawan Genoa akhir pekan lalu dalam lanjutan Liga Italia, pelatih Walter Mazzarri harus lengser. Ini jelas bukan hal ideal ketika Par­tenopei menghadapi klub elite Eropa seperti Barcelona.

Berkebalikan dengan tuan rumah, Barcelona datang dengan kondisi bagus. Blaugrana bermodalkan kemenangan 1-2 di kandang Celta Vigo. Pe­nye­rang Robert Lewandowski juga sedang on fire karena bisa mencetak 4 gol dalam 3 pertandingan terakhir.

Sebagai pengganti Maz­zarri, sang presiden Napoli, Aurelio De Laurentiis menunjuk Francesco Calzona. Sosok tersebut menjadi pelatih ketiga Par­tenopei musim ini setelah Rudi Garcia dan Mazzarri. Situasi itu tentu menunjukkan kondisi tim yang sedang tidak baik-baik saja.

Sebagai juara bertahan Liga Italia, performa Napoli memang payah. Par­te­nopei saat ini duduk di peringkat 9 klasemen Liga Italia dengan 36 poin. Asa untuk mempertahankan gelar juara Serie A layak di­kubur karena Napoli tertinggal 27 poin dari Inter sang pemuncak kompetisi.

Tentunya banyak pekerjaan yang harus dibenahi Calzona. Rudi Garcia sebenarnya mampu meraih 8 kemenangan, 4 imbang, dan 4 kekalahan di semua kompetisi. Akan tetapi, ia harus dipecat usai kalah dari Empoli di kandang pada 12 November.

Mazzarri lebih payah lagi. Ia mendapatkan 6 kemenangan, 3 imbang, dan 8 kekalahan sebelum dipecat. Bahkan, pada masa kepelatihan sang juru taktik veteran, Napoli kandas di Coppa Italia dan gagal juara di Supercoppa Italiana.

Calzona diharapkan bisa memperbaiki semua­nya. Modalnya cukup bagus karena ia adalah bagian dari tim kepelatihan Maurizio Sarri dan Luciano Spalletti di Napoli. Artinya, Calzona juga berjasa da­lam keberhasilan Napoli meraih scudetto musim lalu bersama Spalletti.

Kini menjadi tugas para pemain untuk bangkit dan memperbaiki penampilan Partenopei. Bisa dikatakan, Liga Champions menjadi satu-satunya jalan tersisa untuk mereka berprestasi.

“Luar biasa bisa bermain di Liga Champions dan kami akan menatap­nya dengan penuh antusiasme serta komitmen pe­nuh. Kami akan memberikan semuanya di lapangan untuk bisa menampilkan performa terbaik,” kata kapten tim, Giovanni Di Lorenzo, dikutip laman resmi Napoli.

Barcelona tentu tidak akan diam saja membiarkan Napoli bangkit di laga ini. Kemenangan di kandang Celta Vigo dalam lanjutan LaLiga, membuat Blaugrana tidak terkalahkan di 4 laga terakhir. Tapi tentunya evaluasi tetap harus dilakukan Xavi.

Musim ini di Liga Champions, Barcelona menderita 2 kekalahan yang semuanya terjadi dalam partai away. Hal tersebut ha­rus menjadi perhatian ka­rena hasil bagus di Naples wajib didapat jika ingin Bar­ca bermain dengan lebih tenang pada leg kedua.

“Saya melihat Barca yang bermain bagus kali ini (melawan Celta). Tapi se­karang kami harus fokus ke pertandingan di Liga Cham­pions,” ujar Xavi saat konferensi pers usai pertemuan dengan Celta.

Calzona diperkirakan bakal kembali memainkan cara bermain seperti di era Spalletti. Oleh karenanya, peranan penting pemain seperti Matteo Politano, Khvicha Kvaratskhelia, dan Victor Osimhen akan menjadi krusial di laga ini.

Di sisi lain, Napoli harus waspada pada sosok Ro­bert Lewandowski. Ketajamannya mulai kembali konsisten setelah mengemas empat gol dari tiga laga terakhir. Lewandowski juga memborong dua gol kemenangan Barca di markas Celta. (*/rom)

Prediksi Susunan Pemain

Napoli (4-3-3): Alex Meret; Giovanni Di Lorenzo, Amir Rrahmani, Natan, Pasquale Mazzocchi; Stanislav Lobotka, Frank Anguissa, Piotr Zieliñski; Matteo Politano, Khvicha Kvaratskhelia, Victor Osimhen.

Pelatih: Francesco Calzona

Barcelona (4-3-3): Marc-André ter Stegen; Jules Koundé, Ronald Araújo, Iñigo Martínez, João Cancelo; Andreas Christensen, Frenkie de Jong, Ýlkay Gündoðan; Raphinha, Lamine Yamal, Robert Lewandowski.

Pelatih: Xavi Hernández

Exit mobile version