Babak 16 Besar Liga Champions, Perjuangan Dibuka 2 Raksasa Eropa

Setelah jeda hampir dua bulan, UEFA Champions League (UCL) kembali bergulir. Sebanyak 16 klub terbaik akan memulai perjuangannya di fase knock out. Juara bertahan, Man­chester City dan klub 14 kali kampiun, Real Madrid akan membuka persaingan babak 16 Besar pada pertan­dingan yang dimainkan Rabu (14/2) dinihari WIB.

Kebetulan, kedua klub yang kembali dikandidatkan sebagai juara musim ini tersebut akan memulai perjuangannya pada leg pertama babak 16 Besar di kandang lawan. City akan menghadapi FC Copenhagen di Stadion Parken. Sedangkan Madrid melawat ke Red Bull Arena untuk menghadapi RB Leip­zig.

Meskipun berstatus sebagai tim tamu, City dan Madrid tetap diunggulkan bisa memenangkan per­tandingan pertamanya. Perbedaan kualitas pemain dan tren penampilan terakhir menjadi patokan banyak pengamat menjagokan kedua klub raksasa Eropa ini.

Leipzig vs Madrid

Madrid, misalnya, pada laga terakhirnya, mereka menundukkan rival terdekatnya dalam perburuan gelar juara La Liga, Girona dengan skor meyakinkan 4-0. Empat gol kemenangan El Real disumbangkan Vinicius Junior menit 6, brace Jude Bellingham menit 35 dan 54, serta Rodrygo Goes (61).

Kemenangan itu menjadikan Madrid mulai nyaman berada di puncak kla­semen dengan keunggulan 5 poin dari Girona dan 10 dari Barcelona. Situasi ini tentu saja menjadikan Mad­rid fokus menghadapi Leipzig di babak 16 Besar Liga Champions.

Kalaupun ada yang me­nyisakan masalah bagi pelatih Carlo Ancelotti men­jelang keberangkatan ke Leipzig adalah cederanya Jude Bellingham. Bahkan, klub sudah mengonfirmasi jika pemain internasional Inggris yang mencetak dua gol ke gawang Girona ini bakal absen akibat cedera pergelangan kaki yang dialaminya.

Dalam pertandingan itu, ia tak bisa menuntaskan pertandingan dan ha­rus ditarik ke luar lapangan pada menit ke-57.

“Setelah pemeriksaan yang dilakukan hari ini terhadap Jude Bellingham oleh Layanan Medis Real Madrid, dia didiagnosis mengalami cedera pada pergelangan kaki kirinya. Pemulihannya akan dipantau,” demikian pernyataan resmi klub.

Kendati masih ada pemain lain, Ancelotti tentu merasa kehilangan Bellingham. Sebab, gelandang serang berusia 20 tahun tersebut merupakan me­sin gol Madrid pada musim ini.

Sebelumnya, Madrid juga sudah dipastikan tanpa bek tengah Antonio Ruediger akibat cedera paha. Pemain internasio­nal Jerman ini sudah absen pada saat Madrid menundukkan Girona 4-0 di La Liga.

Selain itu, Eder Militao dan David Alaba juga ma­sih harus menepi. Sedangkan Nacho Fernandez su­dah ada dalam daftar pemain yang diberangkatkan ke Leipzig.

Berbeda dengan Mad­rid, Leipzig mencatat hasil kurang mengesankan pada pertandingan sebelumnya. Pada pertandingan lanjutan Bundesliga, mereka hanya mampu bermain imbang 2-2 dengan Augsburg.

Sempat tertinggak oleh gol Phillip Tietz menit 35, Leipzig membalikkan ke­adaan melalui gol Lois Openda menit 39 dan Benjamin Sesko (52). Namun, keunggulan Leipzig sirna oleh gol balasan Ermedin Demirovic menit 60.

Tambahan satu angka menempatkan Leipzig di peringkat 5 klasemen sementara Bundesliga de­ngan 37 poin, tertinggal 18 poin dari Bayer Leverkusen yang memimpin klasemen.

Menjelang pertemuan dengan Madrid, pelatih Marco Rose tak punya isu dengan kebugaran pe­main­nya. Starter yang kemungkinan diandalkan ti­dak jauh bergeser dari nama-nama seperti Peter Gulacsi, David Raum, Willi Orban, Lukas Klostermann, Benjamin Henrichs, Xaver Schlager, Kevin Kampl, Dani Olmo, Xavi Simons, Benjamin sesko, dan Lois Openda.

Copenhagen vs City

Dari Stadion Parken, City sangat diunggulkan memenangkan pertandi­ngan leg pertamanya. Apa­lagi, sang juara bertahan datang dengan keperca­yaan diri tinggi usai kem­bali moncernya mesin gol mereka, Erling Haaland.

Pada pertandingan sebelumnya di Liga Utama Inggris, Haaland memborong dua gol kemenangan atas Everton di Stadion Etihad. Kemenangan itu sempat mengantarkan City ke puncak klasemen sebelum kembali diambil alih Liverpool.

Seperti saat menga­lahkan Everton, pelatih Pep Guardiola dipastikan bakal meminta anak asuhnya untuk kembali bekerja ke­ras di kandang Leipzig. Sebab bagi City, tidak ada pertandingan yang mudah. Untuk itu, ia pun memastikan bakal tetap memainkan skuad terbaiknya, termasuk kua­rtet yang disanjung­nya, Kyle Walker, Ke­vin De Bruyne, Bernardo Silva dan Jack Grealish.

Permintaan Guardiola untuk kerja keras masuk akal. Sebab, Copenhagen yang turut berkontribusi menyingkirkan Manchester United di fase grup, tetap punya potensi me­nyulitkan City.

Selain faktor tuan rumah, pada laga terakhirnya di liga domestik, Copenhagen meraih kemena­ngan 3-1 atas Molde. Tiga gol Copenhagen disumbangkan Mohamed Elyounoussi menit 3 dan 35 serta Jordan Larsson menit 47.

Saat menjamu City, pe­latih Copenhagen, Jacob Neestrup berharap, Elyounoussi kembali tampil moncer untuk membobol gawang City. (*/rom)

Exit mobile version