Filipina vs Indonesia, Kesempatan Rebut Kemenangan Perdana

Rafael Struijk

Timnas Indonesia menantang Filipina pada matchday kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Rizal Memorial. Laga Filipina vs Indonesia akan dimainkan hari Selasa (21/11) mulai pukul 18.00 WIB.

Usai sama-sama menelan kekalahan pada matchday pertama, kini laga Filipina vs Indonesia jadi kesempatan kedua tim untuk merebut kemenangan perdana.

Indonesia menelan kekalahan 1-5 dari Irak pada matchday pertama lalu. Hasil ini membuat Indonesia berada menjadi juru kunci klasemen Grup F. Itu adalah hasil buruk bagi Indonesia, yang selalu menang dan tak kebobolan pada tiga laga sebelumnya.

Filipina juga kalah pada matchday pertama Grup F. Menjamu Vietnam di Stadion Rizal Memorial, The Azkals kalah dengan skor 0-2. Filipina selalu kalah pada dua laga terakhir mereka di semua ajang. Bahkan, mereka selalu gagal bikin gol.

Pada pertemuan terakhir, di Piala AFF 2022 lalu, Indonesia mengalahkan Filipina dengan skor 2-1. Dua gol Indonesia dicetak oleh Dendy Sulistiawan dan Marselino Ferdinan. Sedangkan, gol Filipina dicetak Sebastian Beraque.

Mike Ott diprediksi bakal menjadi pemain kunci bagi Filipina. Ott punya segalanya untuk bisa merepotkan Indonesia. Sebab, dia sudah dua musim bermain di Indonesia untuk Barito Putera.

Performa Mike Ott bersama Barito Putera juga cukup stabil. Musim ini, hingga pekan ke-19, Mike Otte telah mencetak tiga gol dan satu assist di BRI Liga 1.

Kubu Indonesia akan banyak berharap pada Rafael Sturick. Pada duel lawan Irak, pemain 20 tahun tampil cukup bagus di lini depan. Hanya saja, dia belum mendapat dukungan yang ideal dari pemain di lini kedua.

Dikutip dari laman resmi PSSI, Shin Tae-yong (STY) selaku pelatih Timnas Indonesia mengakui jika timnya bermain buruk ketika berjumpa Irak. Tapi ia yakin hal itu bisa diperbaiki ketika menghadapi Filipina pada matchday 2. STY menyebut 3 gol pertama yang dilesakkan Irak merupakan kesalahan timnya. Oleh karenanya kesalahan yang sama tidak boleh terjadi ketika berjumpa Filipina.

“Kami kemasukan gol karena kesalahan sendiri, pemain sudah tahu itu. Mereka paham apa yang harus dilakukan sebelum menghadapi Filipina, sedangkan saya akan berusaha mempersiapkan tim dengan baik,” kata Shin Tae-yong.

Selain soal fokus permainan, STY juga meminta tim asuhannya cepat beradaptasi terhadap kondisi rumput sintetis di Stadion Rizal Memorial. Meski pernah menang di venue yang sama ketika Piala AFF 2022, duel kali ini dirasa bakal berbeda.

Hans Michael Weiss selaku pelatih Timnas Filipina menegaskan timnya bakal berusaha merebut poin dari Indonesia. Ketika menghadapi Vietnam, permainan The Azkals dianggap cukup baik meski mereka gagal mencetak gol. Berjumpa Indonesia pada matchday 2, Michael Weiss menghendaki timnya bisa mempertahankan atau memperbaiki performa. Jika hal itu bisa dilakukan, Weiss meyakini mereka bakal dapat mendulang poin.

“Saya mengharapkan permainan yang lebih baik di matchday 2. Saya ingin kami tampil dominan, dengan skuad yang dimiliki. Selain itu saya juga ingin publik tetap memberi dukungan saat menghadapi Indonesia,” kata Michael Weiss, dikutip dari Rappler. (*/rom)

Prediksi Susunan Pemain
Filipina (4-3-3): Neil Etheridge; Jesse Curran, Jefferson Tabinas, Christian Rontini, Daisuke Sato; Justin Baas, Manuel Ott, OJ Porteria; Santi Rublico, Mike Ott, Patrick Reichelt.
Pelatih: Michael Weiss.

Indonesia (3-4-2-1): Ernando Ari Sutaryadi; Jordi Amat, Rizky Ramadhani, Elkan Baggott; Asnawi Mangkualam, Marc Klok, Ricky Kambuaya, Shayne Pattynama; Dendi Sulistyawan, Rafael Struick; Ramadhan Sananta.
Pelatih: Shin Tae-yong.

Exit mobile version