Laga Perdana Futsal Pra PON 2024 Grup A, Sumbar Tahan Imbang Sumsel 2-2

TIM FUTSAL— Tim Futsal Sumbar yang mengikuti ajang Kualifikasi PON 2024 di Lampung, 25-28 Oktober 2023.

LAMPUNG, METRO–Tim futsal Sumatera Barat (Sumbar) memulai perjuangannya di ajang kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) Lampung menghadapi tim Futsal Sumatera Selatan (Sumsel), Rabu (25/10) di Giga Futsal Arena.

Laga yang kick off pada pukul 12.00 WIB tersebut berakhir imbang dengan skor 2-2 dimana tim futsal Sumsel sempat dua kali unggul terlebih dahulu sebelum akhirnya gol di me­nit-menit akhir tim futsal Sumbar memaksakan ke­dudukan 2-2

Sumsel unggul saat pertandingan baru berjalan dua menit, saat pemain Sumsel M. Hafidl Dani mem­bobol gawang Sumbar. Tim futsal Sumbar yang dilatih mantan pemain timnas Randi “Akang” Satria merespon semenit kemudian dengan sebuah gol yang diciptakan oleh Rahmad Dava.

Dengan skor sama kuat 1-1 ini, otomatis membuat kedua tim slaing serang untuk menciptakan gol. Hingga jelang peluit tanda berakhirnya babak pertama berbunyi, Sumsel kem­bali unggul lagi-lagi lewat kaki M. Hafidl Dani.

Di babak kedua, Sumbar meningkatkan tekanan. Kendali permainan di­kuasai Fanzola Novi Dharma dan kawan kawan. Variasi taktikal dan strategi dikembangkan tim Sumbar untuk mengejar ketinggalan.

Beberapa kali peluang dimiliki M. Iqbal dan Gilang Alian Gino mentah menembus rapatnya pertahanan Sumsel. Tidak akuratnya akurasi passing skuad Sum­bar juga memperburuk kesempatan mengejar gol penyama kedudukan.

Sumsel bukannya tanpa perlawanan. Ancaman juga diberikan Dimas Bagas cs. Sebuah peluang tendangan bebas di depan pertahanan Sumbar hampir saja membawa Sumsel memperlebar skor.

Babak kedua mendekati ujung pertandingan, Sumbar memainkan skema ‘power play’, guna me­nyamakan kedudukan. Sempat menemui kebuntuan, akhirnya upaya anak asuh Randy Satria berhasil, Gilang Alian Gino yang berdiri bebas di tiang dua gawang lawan mencocor bola ke gawang Sumsel. Skor 2-2. Tak lama berselang babak kedua tuntas.

Selepas pertandingan yang berakhir imbang 2-2, pelatih Tim Futsal Sumbar, Randy Satria Mushar me­ng­ungkapkan ketidakpuasannya dalam sesi ketera­ngan resmi kepada media di Lampung.

“Sebenarnya secara hasil, kami tidak terlalu puas. Tetapi ini sudah jalan dari Allah. Kami akan evaluasi diri untuk pertandi­ngan selanjutnya,” kata mantan kapten Timnas Futsal Indonesia ini.

Akang, sapaan singkatnya, mengaku untuk per­tandingan melawan Beng­kulu, besok Kamis (26/10), tim Futsal Sumbar akan habis habisan merebut kemenangan.

“Tidak ada kata lain, karena poin penuh di dua laga sisa nanti berguna untuk menjaga peluang mengamankan tiket lolos PON 2024 Aceh-Sumut,” imbuhnya.

Kapten tim Futsal Sumbar, Fanzola Novi Dharma, turut memperkuat tekad pelatih Randy ‘Akang’ Satria. Ia mengatakan, siap memperbaiki kekurangan dan kelemahan di laga lawan Sumsel dan akan be­kerja keras meraih kemenangan di laga kedua melawan Bengkulu.

“Buat hasil tadi memang tidak memuaskan, tapi kami harus fokus ke pertandingan selanjunya besok atau dua pertandi­ngan lagi,” ucapnya.

Diketahui, tiket lolos ke PON 2024 Aceh-Sumut hanya jadi milik peringkat pertama alias juara grup. Dengan begitu, klasemen sementara grup A menempatkan Sumbar dan Sumsel berada di bawah tuan rumah Lampung yang me­ngalahkan Bengkulu, 5-2.

Besok Kamis (26/10) pertarungan grup A akan berlanjut, mempertemukan Bengkulu vs Sumbar dan Sumsel kontra Lampung. (rom)

Exit mobile version