Liverpool vs Everton, Derby Panas, The Reds Diunggulkan

Liverpool akan men­jamu Everton pada pekan ke-9 Premier League 2023/2024. Pertandingan Derby Merseyside antara Liverpool vs Everton di Anfield ini akan kick-off Sabtu (21/10) jam 18:30 WIB.

Sebelum jeda internasional kemarin, dua rival sekota ini meraih yang cu­kup berbeda. Liverpool cuma bermain imbang, sedangkan Everton menang.

Liverpool bermain imbang 2-2 dengan tuan rumah Brighton. Dua gol Li­verpool dalam laga itu dicetak oleh Mohamed Salah, yang salah satunya bera­sal dari titik penalti.

Dengan brace kontra Brighton, berarti Salah su­dah mengemas lima gol dalam delapan penampilan di Premier League musim ini. Selain lima gol, dia juga telah mengukir empat buat assist.

Ketika Liverpool cuma imbang, Everton menang 3-0 atas sang tamu Bour­nemouth. Everton menang lewat gol-gol James Garner, Jack Harrison, dan Abdoulaye Doucoure.

Namun, kemenangan tersebut baru merupakan kemenangan kedua Everton di Premier League musim ini. Sekarang, Everton masih tercecer di papan bawah dengan perolehan tujuh poin, terpaut sepuluh poin dari Liverpool.

Perjumpaan Liverpool kontra Everton kerap berlangsung panas. Kali ini juga demikian karena ke­dua tim dalam Derby Merseyside sedang dalam performa positif. Tapi, bermain di kandang sendiri, Liverpool lebih diunggulkan meraih 3 poin dan memuncaki klasemen EPL.

Kemenangan di laga kontra Everton memang akan membuat Liverpool yang saat ini berada di peringkat 4 dengan 17 poin naik jadi pemimpin kompetisi. Namun, situasi itu bisa saja hanya terjadi dalam hitungan jam. Pasalnya, pesaing seperti Man­chester City (18 poin), Arsenal (20 poin), dan Tottenham Hotspur (20 poin) akan bermain setelah Derby Merseyside.

Mengenai kans me­nang, Liverpool memang sangat berpeluang mengamankan 3 poin melawan Everton. Di semua kom­petisi musim ini, The Reds meraih 8 kemenangan, 2 imbang, dan 1 kekalahan dari 11 laga.

Khusus di Anfield, Li­verpool sempurna dengan 5 kemenangan dari 5 per­tandingan. Fakta bahwa Liverpool kehilangan 2 poin di markas Brighton di laga terakhir diyakini tak terlalu berpengaruh. Ke­kalahan itu justru akan membuat kubu Anfield semakin berambisi meraih kemenangan di laga ini.

“Kami adalah Liverpool dan kami tahu bahwa kami harus selalu siap. Kami memulai musim dengan baik tapi di sisi lain kami tahu apa yang harus diperbaiki dan dikembangkan. Itulah yang sedang kami lakukan saat ini,” kata gelandang Alexis Mac Allister usai hasil imbang melawan Brighton lalu.

Satu hal yang bisa me­ngusik Liverpool adalah ma­salah pertahanan. The Reds hanya mendapatkan 2 clean sheets dari 11 laga musim ini. Momen itu didapat saat mengalahkan Aston Villa di pekan 4 EPL dengan skor 3-0. Satu lagi adalah kala menumbangkan Union Saint-Gilloise di matchday 2 Grup E Europa League.

Situasi itu yang tentu harus dimanfaatkan sebaik mungkin oleh Everton. Dari 10 laga musim ini, hasil yang diraih The Toffees memang tak begitu bagus dengan catatan 4 keme­nangan, 1 imbang, dan 5 kekalahan. Tapi, akhir-akhir ini Everton mulai bisa menemukan performa terbaiknya dengan hasil 3 kemenangan dari 4 laga pemungkas.

Tak hanya itu, di 4 laga itu Everton juga selalu men­­cetak gol. Total mereka sanggup mengemas 10 gol dari 4 laga dengan mi­nimal 2 gol di setiap laga. Kemenangan 3-0 atas Bour­nemouth di partai pemungkas juga seolah menegaskan bahwa The Toffees siap meladeni perlawanan Liverpool di laga nanti.

“Kami tahu musim ma­sih sangat panjang tapi performa melawan Bour­nemouth membuat kami berkata bahwa kami harus terus bermain seperti itu. Memang masih banyak perbaikan yang harus dilakukan. Kami harus terus berusaha merangkak naik di papan klasemen dan saya pikir kami sangat mampu melakukannya,” ucap Jack Harrison, winger Everton dikutip laman resmi klub.

Everton dikabarkan bisa menurunkan skuad terbaiknya di laga ini. Harrison bersama beberapa pemain lain yang sedang on fire seperti James Garner, Abdoulaye Doucouré, dan Dwight McNeil bisa dijadikan pilihan utama oleh Sean Dyche.

Liverpool sebaliknya dikabarkan tanpa beberapa pemain utama. Terbaru, Jürgen Klopp tampaknya harus kehilangan Andrew Robertson karena menga­lami cedera bahu saat membela Timnas Skotlandia di jeda internasional kemarin. Jika benar Robertson absen, akan menjadi peluang bagi Kostas Tsimikas unjuk kemampuan di sektor kiri pertahanan Liverpool. (*rom)

Prediksi Susunan Pemain

Liverpool (4-3-3): Alisson Becker; Trent Alexander-Arnold, Joël Matip, Virgil van Dijk, Kostas Tsimikas; Alexis Mac Allister, Dominik Szoboszlai, Harvey Elliott; Luis Díaz, Mohamed Salah, Darwin Núñez.

Pelatih: Jürgen Klopp

Everton (4-3-3): Jordan Pickford; Ashley Young, James Tarkowski, Jarrad Branthwaite, Vitaliy Mykolenko; Amadou Onana, James Garner, Abdoulaye Doucouré; Jack Harrison, Dwight McNeil, Dominic Calvert-Lewin.

Pelatih: Sean Dyche

Exit mobile version