Persiraja VS Semen Padang FC, Duel Pemuncak Klasemen

SELEBRASI— Selebrasi pemain Semen Padang FC saat mencetak gol ke gawang Sada Sumut FC dalam lanjutan Pegadaian Liga 2 2023-2024, Jumat (13/10) di Stadion GOR H. Agus Salim Padang.

PADANG, METRO–Duel tim papan atas Pegadaian Liga 2 2023-2024 Grup 1 akan terjadi Sabtu (21/10) di Stadion Harapan Bangsa atau Stadion Lhong Raya Banda Aceh, dimana tuan rumah Persiraja Banda Aceh akan menjamu tamunya Semen Padang FC.

Siapapun yang meme­nangkan pertandingan ini akan menjadi juara paruh musim Pegadaian Liga 2 2023-2024 Grup 1 mengingat keduanya sama-sama mengumpulkan poin 11 dari 5 pertandingan, namun Semen Padang FC saat ini bertengger di puncak kla­semen karena unggul se­lisih gol dari tim Persiraja.

Sama-sama telah memainkan 5 pertandingan, kedua tim juga identik de­ngan jumlah kemenangan yaitu 3 kemenangan dan sama-sama 2 kali hasil seri, tanpa sekalipun me­ngalami kekalahan.

Posisi puncak diisi oleh Semen Padang FC berkat kolektivitas gol yang dimi­liki oleh tim kebanggan urang awak tersebut dengan 9 gol sedangkan Persiraja dengan 6 gol.

Memenangkan laga ini tentu akan mendorong salah satu tim mengamankan poin di putaran pertama. Sementara yang ka­lah, berpotensi dikejar Sriwijaya FC yang akan ber­tanding melawan PSMS Medan – jika Sriwijaya berhasil menang dengan se­lisih dua gol atau lebih dari PSMS.

Achmad Zulkifli yang menjadi arsitek tim Persiraja punya beberapa pe­nyerang dengan kecepatan mumpuni dan dapat menjadi momok ketika me­lawan Semen Padang.

Ricardo Pires sejauh ini menjadi tumpuan di lini depan, meski ada beberapa pemain yang juga patut diwaspadai, termasuk juga mantan penggawa timnas Indonesia, Andik Vermansyah.

Di lini belakang, gawang M Fahri menjadi yang pa­ling sedikit kebobolan de­ngan baru jebol dua kali.

Meski demikian, Semen Padang FC juga punya penyerang yang menakutkan.

Kenneth Ngwoke menjadi pemain paling me­nakutkan di kubu Kabau Sirah, dengan penyerang tengah ini mengumpulkan 5 gol.

Catatan tembakannya pun cukup positif, karena dia telah melepaskan 12 tembakan dari 5 pertandingan.

Adapun di lini belakang, Delfi Adri cukup ba­nyak melakukan rotasi, meski Wiganda Pradika, Kim-Mingyu, dan Agus Nova cukup sering bermain untuk menjadi benteng pertahanan.

Menurut prakiraan, Per­siraja akan lebih banyak bermain dengan serangan balik, mengingat tim asal Banda Aceh ini cukup hati-hati dalam menye­rang.

Meski demikian, pertahanan tim ini patut diancungi jempol karena merupakan yang terbaik di Grup 1.

Di sisi lain, Semen Pa­dang FC yang punya torehan gol terbaik diperkirakan menerapkan pola ofensif dengan Ngwoke tetap berada di tumpuan lini depan.

Hal tersebut dibuktikan dengan Semen Padang FC datang lebih cepat ke Banda Aceh agar dapat me­nyesuaikan kondisi di Banda Aceh termasuk penyesuaian lapangan

Skuad racikan Delfiadri ini datang ke Banda Aceh dengan membawa seba­nyak 20 pemain, tanpa tiga pemain pilar mereka yakni, Rosad Setiawan, Ahmad Ihwan dan Ocvian Canigio.

“Yang jelas, semua pemain sudah siap untuk menghadapi Persiraja. Mes­ki tanpa Rosad, Ihwan dan Ocvian, kita optimis bisa bawa pulang tiga poin,” sebut Pelatih Semen Padang FC, Delfiadri, Jumat (20/10) siang.

Disebut Delfiadri, sebelum berangkat ke Aceh, pemain punya tekad yang sama agar tim meraih angka di pertandingan penutup putaran pertama, pekan ketujuh Liga 2 2023-2024.

“Yang jelas ini pertan­dingan final putaran 1 wi­layah barat. Siapa yang terbaik. Kami mohon doa supaya kita bisa tetap mem­pertahankan puncak klasemen,” sebutnya.

Berdasarkan data yang dihimpun, kedua tim ini telah bermain 10 pertandi­ngan sejak 2009. Dari 10 laga tersebut, Tim Kabau Sirah memenangkan 6 laga dengan 23 gol, sisanya dua kali kalah dan dua kali seri.

Sementara itu, Persiraja Banda Aceh memenangkan dua pertandingan de­ngan tiga gol yang dilesatkan dan dua kali seri. Pertemuan terakhir, kedua tim bermain di Liga 2 tahun 2022, dan Semen Padang FC berhasil menang 3-0 kala itu.

Untuk pertandingan te­rakhir di putaran pertama ini, Semen Padang FC tampaknya juga tidak akan menyiakan kesempatan. Dari rekor pertemuan, Semen Padang FC hanya mampu satu kali seri dan dua kali di kalah saat bermain di kandang Persiraja.

Namun, Pegadaian Liga 2 2023/2024 kali ini akan terjadi banyak kejutan. Sebagai tuan rumah, Persiraja tentu tak tinggal diam, begitu juga dengan tim Kabau Sirah pastinya ingin memantapkan posisi di pemuncak klasemen. (rom)

Daftar Skuat Semen Padang FC menghadapi Persiraja, diposisi penjaga gawang ada nama Fakrurrazi dan, Achmad Iqbal Bachtiar. Diposisi bertahan, Wiganda Pradika, Ka­leb Sobor, Hadi Ardiansyah, Kim Mingyu, Agus Nova Wiantara, Syaiful Ramadhan, Zulkifli Kosepa.

Kemudian pemain te­ngah, Tegar Hening Pangestu, Dimas Roni Saputra, Finno Andrianas, Arsyad Yusgiantoro, Firman Juliansyah, Daniel Rocken Saputra, Vivi Asriza, Romadona Dwi Kusuma, Genta Alparedo. Serta dua pemain depan, Rendy Setiawan, Ikechukwu Kenneth Ngwoke. (rom)

Exit mobile version