Honda Hayati Bagikan Tips Aman Saat Touring

 

PADANG, METRO–Kegiatan touring dengan mengendarai motor kesayangan merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan. Akan tetapi ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian agar nyaman dan aman selama perjalanan, mulai dari fisik pengendara yang fit, kondisi kendaraan dan pemahaman terhadap rute jalur jalan yang akan dilalui, nah berikut ini adalah tahapan yang harus dipersiapkan agar perjalanan touring anda semakin aman, nyaman dan berkesan.

Febriadi selaku Instructor dan Safety Riding Supervisor mengatakan dalam mempersiapkan touring ada beberapa tahapan yang harus diperhatikan untuk perjalanan touring.

“Pertama siapakan rencana perjalanan. Agar perjalanan touring berjalan lancar seperti yang direncanakan penting sekali bagi kita untuk melakukan beberapa hal berikut mulai dari menentukan jam keberangkatan, jalur yang digunakan, tempat istirahat, pembelian bensin, tempat makan dan juga pembagian tugas pada kelompok touring”ujar Febriadi.

Kedua legalisasi. Izin melakukan perjalanan touring ini akan sangat berguna bila peserta atau rombongan di tanyakan perihal izin berkendara secara berkelompok,dan tentu saja keuntungan yang akan didapatkan yaitu peserta maupun rombongan touring akan mendapat update jalur perjalanan dan lokasi yang akan dituju dari petugas yang berwenang.

Tahapan selanjutnya adalah menentukan  Petugas yang akan  bertanggung jawab selama perjalanan, mulai dari menentukan Road captain yang bertugas memandu rombongan dari titik kumpul hingga tempat tujuan.

Sweeper yang bertugas mengatur laju kelompok sesuai arahan dari road captain. Safety officer bertugas melakukan breafing kepada peserta dan melakukan pemeriksaan terhadap kelayakan ken­daraan peserta,barang bawaan yang wajar,hingga memastikan perlengkapan berkendara peserta lengkap mulai dari Helm,Jaket,Sarung tangan,Celana panjang,Sepatu dan terpasang dengan benar.

Technical officer bertugas memberi bantuan teknis jika terjadi masalah dijalan. Health officer bertugas memberikan bantuan kesehatan kepada peserta jika dibutuhkan dan membawa perlengkapan P3K.

Tahapan selanjutnya adalah sosialisasi. Pada tahap ini panitia menyampaikan informasi secara lengkap kepada peserta perjalanan terkait agenda touring yang akan diadakan,mulai dari lokasi tujuan touring, jalur jalan yang akan dipilih menuju ke lokasi tujuan,hingga petugas yang didelegasikan sebagai penanggung jawab selama perjalanan dan juga panitia memberikan form pendaftaran bagi peserta.

Tahapan terakhir adalah panitia touring me­ngumpulkan data para peserta yang akan ikut dalam perjalanan touring agar memudahkan panitia dalam mengkordinir estimasi biaya kebutuhan selama perjalanan touring tiap peserta,mulai dari kebutuhan bahan bakar,kebutuhan  makan dan minum hingga biaya penginapan bagi para peserta touring.

“Nah itu tadi 5 tahapan persiapan agar touring anda aman, nyaman dan juga berkesan selama perjalanan. Ingat untuk selalu #Cari_aman selama berkendara dengan mematuhi rambu lalu lintas, marka jalan dan berkendaralah dengan kecepatan yang terken­dali,”pungkas Febriadi. (rom)

Exit mobile version