Piala Presiden Esports 2023 Gelar Kompetisi Khusus Putri

ATLET ESPORT— Michelle Danise dan Cindy Laurent, atlet E-sport asal Banyuwangi mendapat penghargaan dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

JAKARTA, METRO–Piala Presiden Esports (PPE) 2023 edisi kelima diluncurkan kemarin. Turnamen e-sport nondeveloper terbesar di Indonesia ini diawali dengan seremoni kickoff di CGV Mall Grand Indonesia, Jakarta.

Dalam ajang kali ini, baru ada dua game yang bakal dipertandingkan, yak­ni Mobile Legends: Bang Bang dan Lokapala.

Rangga Danu Prasetyo sebagai ketua pelaksana PPE 2023 menargetkan event kali ini bisa diikuti lebih dari 100 ribu atlet e-sport dari berbagai daerah. Me­reka memperebutkan prize pool sebesar Rp 2 miliar.

Selain itu, untuk kali pertama PPE 2023 bakal menggelar kompetisi khu­sus putri di cabang Mobile Legends: Bang Bang. Rangga menjelaskan alasannya. Menurut dia, hal tersebut dilakukan sebagai upaya menghadirkan kesetaraan gender dalam ekosistem e-sport Indonesia.

“Kami ingin e-sport bukan hanya untuk pria, tetapi untuk semua gender. Jadi, kami sengaja buka untuk gender wanita karena kami merasa potensi dan daya saingnya ada,” terangnya.

Ricky Setiawan selaku ketua bidang atlet, prestasi, dan IT PBESI mengapresiasi terobosan PPE 2023 yang menghadirkan kompetisi khusus putri. Menurut dia, hal tersebut merupakan salah satu upaya pemerataan ekosistem e-sport di tanah air.

“Tentunya ini menjadi salah satu effort untuk pe­merataan tersebut. Kalau su­dah 50:50, bukan hanya potensinya yang makin besar, tapi secara market itu tumbuh dua kali lipat,” kata dia.

PPE 2023 akan berlangsung hingga Oktober 2023. Seperti tahun-tahun sebe­lumnya, kompetisi menggunakan skema kualifikasi berdasar wilayah, lalu dilanjutkan dengan kualifikasi terbuka. Fase ini dapat diikuti oleh semua calon peserta dan pendaftarannya telah dibuka secara daring. (jpg)

Exit mobile version