AC Milan 3 VS 1 Hellas Verona, Laga Perpisahan Zlatan Ibrahimovic

UMUMKAN PENSIUN— Zlatan Ibrahimovic memutuskan pensiun dari sepakbola. Hal tersebut ia ungkapkan ketika AC Milan meraih kemenangan atas Hellas Verona dengan skor 3-1 di San Siro pada Senin dini hari tadi, 5 Juni 2023. Dalam laga itu, klub membuat pesta perpisah untuk Ibrahimovic.

AC Milan tampil tangguh untuk membekuk tim tamu Hellas Verona dengan skor meyakinkan 3-1 dalam laga pekan terakhir Serie A 2022-2023, Senin (5/6).

Bermain di San Siro, Milan memburu kemenangan untuk menutup musim dengan kepala tegak. Skuad Stefano Pioli harus menghadapi Verona yang pu­nya ambisi menjauh dari jurang degradasi.

Kali ini tiga gol Milan dicetak oleh Olivier Giroud (45+2′) dan Rafael Leao (85′, 90+2′). Verona sempat memperkecil kedu­dukan melalui Davide Faraoni (72′).

Hasil ini tidak mengubah posisi Milan di peringkat empat klasemen akhir Liga Italia 2022-2023. Nahas, Verona harus terima terdegradasi.

Milan langsung coba men­dominasi begitu laga dimulai. Enam menit berjalan, Leao mendapatkan peluang tembak dari sisi kiri. Bola ke tiang jauh, tapi masih meleset tipis. 10 menit berlalu.

Pola permainan belum juga terbentuk setelah 20 menit berjalan. Milan mulai mening­katkan tempo memasuki 10 menit akhir babak pertama. Kombinasi Theo dan Giroud jadi ancaman utama di kotak penalti lawan. Sayangnya, final pass Milan tidak cukup bagus.

Menit ke-45, Milan men­dapatkan hadiah penalti untuk pelanggaran Ngonge. Giroud maju sebagai algojo dan me­lepas tembakan ke sisi kiri. Gol! Milan 1-0 Verona.

Laga dilanjutkan kembali, Verona tampak siap dengan perlawanan yang lebih baik. Tim tamu lebih agresif me­ngejar bola. Milan harus ber­hati-hati dalam membangun serangan.

Menit ke-72, Verona me­nyamakan kedudukan. Lem­paran ke dalam cepat, La­zovic melanjutkannya dengan um­pan silang ke kotak penalti. Faraoni lantas mengalahkan Theo untuk menanduk bola ke gawang. Gol! Milan 1-1 Ve­rona.

Menit ke-85, Milan kembali unggul. Menerima umpan jauh Tomori, Leao berlari bebas ke kotak penalti untuk melepas tembakan mendatar yang me­ngecoh Montipo. Gol! Milan 2-1 Verona.

Menit ke-90+2, Leao men­cetak gol keduanya. Serangan balik cepat, Leao menerima umpan Saelemaekers, mem­buat umpan satu-dua untuk mengecoh kiper, dan men­do­rong bola ke gawang kosong. Gol! Milan 3-1 Verona.

Laga ini menjadi momen perpisahan bagi Zlatan Ibrahi­movic yang akan meninggalkan klub pada akhir musim.

Ibrahimovic, yang berusia 41 tahun, mengucapkan sela­mat tinggal kepada Milan se­telah lima setengah musim bersama klub. Ia telah me­mainkan 163 pertandingan, mencetak 93 gol, dan mem­berikan 35 assist.

Prestasinya meliputi dua Scudetto dan satu Supercoppa Italiana, serta mendapat peng­hormatan dan kekaguman dari seluruh penggemar. Sebelum kick-off pertandingan penutup musim ini, Manager AC Milan Stefano Pioli diwawancarai oleh DAZN.

Salah satu pertanyaan yang diajukan adalah me­ngenai ke­pergian Ibrahimovic dan per­panjangan kontrak Rafael Leao.

“Saya melihat Ibra be­ru­saha pulih, tetapi ia juga men­jadi lebih bijaksana dalam beberapa hari terakhir ini ka­rena sedang memutuskan ma­sa depannya,” ujar Pioli seperti dikutip dari MilanNews, Senin (5/6).

Saat ditanya tentang ke­mungkinan Ibrahimovic tidak kembali ke Milan, Pioli percaya perjalanan tim dimulai dengan kekalahan di Bergamo dan kedatangan Ibra pada bulan Januari.

“Ibra adalah sosok pen­ting bagi tim, baik dalam per­tum­buhan maupun men­ta­litas. Saya merasa beruntung bisa melatih seorang juara hebat seperti dia yang telah mem­bantu saya tumbuh dan ber­kembang,” kata Pioli. (*/rom)

Exit mobile version