Chelsea VS AC Milan, Laga Sulit Bagi Kedua Tim

Matchday 3 UEFA Champions League (UCL) 2022/2023 kembali digelar tengah pekan ini. Salah satu pertandingan yang bisa dikatakan bertajuk big match akan terjadi pada Grup E dimana Chelsea berhadapan dengan AC Milan.

Pertandingan yang akan berlangsung di Stadion Stamford Bridge (markas Chelsea), Kamis (6/10) dinihari WIB bisa menjadi laga sulit bagi kedua tim lantaran banyaknya pilar penting di masing-masing tim yang harus absen lantaran cidera.

Saat ini AC Milan dan Chelsea tengah mengalami situasi yang kontras di fase grup. Rossoneri berdiri di puncak tabel dengan raihan 4 poin. Sementara The Blues menjadi juru kunci dengan mengantongi 1 poin saja.

Tuan ru­mah dituntut me­raih hasil maksimal guna memperbaiki posisi di kla­semen, serta menciptakan kemenangan perdana di UCL musim ini. Se­mentara tim tamu tentunya ju­ga ingin mempertahankan tren bagus mereka.

Sejumlah pilar dari Chel­sea maupun AC Milan berpeluang absen akibat badai cedera. Chel­sea kehilangan N’golo Kan­te dan Edouard Mendy. Di samping itu, kondisi Jor­ginho, Marc Cucurella, hingga Carney Chukwuemeka juga belum bisa dipastikan.

Hal yang sama berlaku di kubu AC Milan. Sang juara Serie A musim lalu itu berpotensi kehilangan Zlatan Ibrahimovic, serta 6 pemain penting lain, seperti Davide Calabria, Simon Kjær, Alessandro Florenzi, Mike Maignan, Alexis Sae­le­maekers, hingga Theo Hernández.

Namun demikian di atas lapangan, kubu Chel­sea diyakini relatif bisa menangani masalah tersebut, mengingat The Blues punya amunisi yang melimpah. Penyerang anyar yang baru didatangkan dari Barcelona, Pierre-Emerick Aubameyang bisa menjadi andalan di lini depan.

Peran­nya ber­sama Co­­nor Gallagher bisa menjadi kunci permainan tim besutan Graham Potter. Aubameyang dan Gal­lagher juga baru saja menjadi penentu kemenangan Chel­sea lewat lesakan masing-masing 1 gol ke gawang Crystal Pa­lace, da­lam lanjutan kompetisi Liga Inggris (EPL) pada Sabtu (1/10) akhir pekan lalu.

“Saya sudah me­nga­takan sebelumnya dan saya akan me­nga­takannya lagi, ca­ra dia (Aubameyang) mengatasi dirinya sen­diri sangat bagus, dan saya sangat se­nang dia bisa mencetak gol dan berkontribusi pada kemenangan tim,” ujar Gra­­ham Potter, di­kutip dari laman resmi klub.

Sementara itu AC Milan memang menjadi ku­bu yang paling banyak kehilangan pilar penting dalam laga kali ini. Akan tetapi Rossoneri punya modal penting dalam diri 2 pemain eks Chelsea yang bisa mereka maksimalkan.

Milan masih punya ujung tombak Olivier Giroud serta bek sentral Fi­kayo Tomori, yang pernah mem­bela The Blues dalam periode berbeda. Giroud dan Tomori mengusung motivasi ter­sendiri untuk bisa menga­lah­kan bekas klubnya itu.

 Jelang tampil di Liga Champions, AC Milan juga sudah memegang bekal positif dengan menghajar Empoli dalam partai away di Liga Italia Serie A, dengan skor 1-3. Meskipun tidak turut melesakkan gol, aksi Giroud mampu melepaskan 3 kali tembakan dengan 2 di blok serta 1 lainnya masih luput dari sasaran.

Banyaknya pilar yang berpeluang absen membuat pelatih Stefano Pioli dipaksa putar otak lebih keras dalam menentukan komposisi pemain AC Milan. Posisi penjaga ga­wang Milan bisa menjadi milik Ciprian Tatarusanu. Sedangkan di lini depan, tim tamu dapat menampilkan Olivier Giroud dengan dukungan Ante Rebic, Char­les De Ketelaere, dan Rafael Leão.

Di sisi lain, Chelsea masih mempunyai Kepa Arrizabalaga sebagai opsi pengganti Edouard Mendy. Di lini tengah, tuan rumah diproyeksikan memasang Conor Gallagher pasca penampilan apik melawan Crystal Palace. (*/rom)

prediksi Susunan Pemain

Chelsea (4-3-3):
Kepa Arrizabalaga; Ben Chilwell, Thiago Silva, Wesley Fofana, Reece James; Mason Mount, Mateo Kovacic, Conor Gallagher; Christian Pulisic, Pierre-Emerick Aubameyang, Raheem Sterling.
Pelatih: Graham Potter

AC Milan (4-2-3-1):
Ciprian Tatarusanu; Sergiño Dest, Pierre Kalulu, Fikayo Tomori, Fodé Ballo-Touré; Sandro Tonali, Ismaël Bennacer; Ante Rebic, Charles De Ketelaere, Rafael Leão; Olivier Giroud.
Pelatih: Stefano Pioli

Exit mobile version