(0) Portugal VS Spanyol (1), Gol Morata Bawa Spanyol ke Semifinal

RAYAKAN GOL-Alvaro Morata merayakan gol yang diciptakan ke gawang Portugal dalam pertanding UEFA Nations League, Rabu (28/9) dinihari WIB. Gol semata wayang Morata ini membawa Soanyol lolos ke Semifinal

Spanyol meraih kemenangan di markas Portugal dalam partai UEFA Nations League. Tim Matador menang 1-0 berkat gol Alvaro Mo­rata dan berhak maju ke babak semifinal.

Di Estadio Municipal de Braga, Rabu (28/9) dini hari WIB, Spanyol mampu mencatatkan penguasaan bola lebih dominan di babak pertama dengan 71,6 persen. Tapi Portugal praktis terlihat lebih mengancam.

Salah satu peluang yang dibuat Portugal lahir secara berurutan di menit ke-21 dan 22. Portugal membuat kemelut di depan gawang Spanyol tapi kemudian wasit meniup peluit karena Diogo Jota mendorong pemain lawan.

Semenit berselang, Cristiano Ronaldo memamerkan determinasi dengan menyerbu ke arah kiper Unai Simon yang menerima bola. Portugal sukses mendapatkan se­pak pojok walaupun pada prosesnya peluang itu belum berbuah.

Unai Simon kembali diuji di menit ke-33. Kali ini lewat aksi Jota yang mengecoh dua pemain Spanyol sebelum melepaskan tembakan ke arah gawang. Simon masih mampu melakukan penyelamatan.

Peluang terbaik di babak pertama lahir empat menit berselang. Bruno Fernandes memiliki ruang untuk melepaskan tembakan ke arah gawang Spanyol, walaupun si kulit bundar ternyata masih berakhir di sisi luar.

Dua menit babak kedua dimulai, Portugal bikin peluang lagi. Jota yang menguasai bola menangkap niat penetrasi Ronaldo dan mengo­per. Ronaldo berhasil lolos untuk menghadapi Unai Simon, tapi bola sepakannya masih kena blok.

Spanyol menggebrak di menit ke-74 lewat pemain pengganti Nico Williams, yang memaksa kiper Diogo Costa melakukan penyelamatan. Semenit berselang, Costa diuji lagi lewat tembakan Alvaro Morata yang masih bisa ditepisnya.

Masuk menit ke-88, gol akhir­nya lahir. Williams mengejar umpan silang ke area kiri dan kemudian de­ngan jitu mengirimnya ke depan gawang. Ada Morata yang tak terkawal di depan gawang dan sukses mengirim bola melewati hada­ngan Diogo Costa. Spanyol 1, Portugal 0.

Hasil itu secara dramatis membawa Spanyol ke babak semifinal UEFA Nations League. Portugal pun, yang sebelum laga ini sebenarnya tinggal butuh hasil seri untuk me­ngamankan tiket lolos, harus gigit jari.

Timnas Spanyol juga berhasil mematahkan kutukan lebih dari satu dekade tidak pernah menang di markas Portugal yang sudah berjalan sejak 2003. La Roja, julukan timnas Spanyol, lolos ke semifinal UEFA Nations League 2022-2023 dengan status pemuncak klasemen akhir UEFA Nations League 2022-2023. Dari enam laga, timnas Spa­nyol sukses meraih tiga kemena­ngan, dua hasil imbang, dan hanya satu kali kalah.

Timnas Spanyol menyusul langkah Kroasia, Belanda, dan Italia, yang sudah lolos ke semifinal UEFA Nations League terlebih dahulu. Di sisi lain, timnas Portugal harus puas mengakhiri kampanye di UEFA Nations League musim ini di peringkat kedua klasemen akhir Liga A2. Adapun empat tim yang harus terdegradasi ke Liga B pada UEFA Nations League musim depan adalah Austria, Wales, Rep. Ceko, dan Inggris. (*/rom)

Exit mobile version