Hadapi Thailand di Semifinal SEA Games 2021, Shin Tae-yong Pilih Merendahkan Diri

DITANTANG TAHAILAND—Timnas Indonesia U 23 bakal ditantang Timnas Thailand di semifinal cabang sepakbola SEA Games 2021 .

JAKARTA, METRO–Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong memilih merendahkan diri. Arsitek asal Korea Selatan itu merasa Thailand dan Vietnam masih menjadi tim terkuat di sejagat Asia Tenggara (ASEAN), termasuk di SEA Games 2021.

Walau, Timnas Indonesia U-23 mendapatkan pu­ja-puji dari pelatih Thailand, Alexandre Polking. Pria asal Brasil itu bilang bahwa Egy Maulana Vikri dkk. adalah kesebelasan tertangguh di SEA Games 2021.

“Terima kasih ada pu­jian dari pelatih Thailand. Namun, saya tidak berpikir Timnas Indonesia U-23 tim terkuat. Sampai saat ini, Thailand dan Vietnam ada­lah tim terbaik di ASEAN, setelah itu baru Timnas Indonesia U-23,” jelas Shin Tae-yong.

“Jadi, kami sedang me­ngejar mereka agar kami dapat menjadi tim yang baik seperti mereka,” imbuh arsitek asal Korea Selatan itu.

Timnas Indonesia U-23 akan melawan Thailand dalam babak semifinal SEA Games 2021 di Thien Truong Stadium, Nam Dinh, Kamis (19/5/22) sekitar 19.00 WIB.  “Pastinya, kami bisa mendapatkan hasil yang baik jika berusaha semaksimal mungkin ketika melawan Thailand,” papar Shin Tae-yong. “Namun, Thailand tetap tim yang bagus. Jadi, satu persen pun kami tidak boleh kehilangan konsentrasi melawan mereka,” terangnya.

Bagi kedua tim, laga di semifinal SEA Games 2021 nanti merupakan pertemuan ke-20 di ajang multievent kawasan Asia Tenggara tersebut. Sebelum­nya, dalam 19 laga, Thailand menunjukkan dominasinya dengan mengemas 15 kemenangan berbanding tiga milik Timnas Indonesia. Adapun satu laga lainnya berakhir imbang.

Kemenangan terbesar Thailand atas Timnas Indonesia terjadi di SEA Ga­mes 1985 ketika bertindak sebagai tuan rumah. Tim berjulukan War Elephants itu berhasil pesta tujuh gol tanpa balas atas Indonesia.

Adapun, kekalahan pertama Thailand dari Timnas Indonesia terjadi pada play-off SEA Games 1979 Indonesia. Bertanding 0-0 selama 120 menit, Timnas Indonesia mampu me­nga­lahkan Thailand 3-1 pada adu penalti. Duel pertama kedua tim di SEA Games terjadi pada 1977 di Malaysia. Ketika itu, Timnas Indonesia bersua Thailand pada fase semifinal.

Saat itu, pertandingan memasuki menit ke-60, wasit menghentikan laga ketika skor imbang 1-1. Komite Disiplin lalu meme­nangkan Thailand akibat Timnas Indonesia dianggap bersalah karena me­lakukan kekerasan.

Adapun pertemuan te­rakhir keduanya di SEA Games terjadi pada edisi 2013. Timnas Indonesia U-23 berhadapan dengan Thailand pada perebutan medali emas. Sayangnya, tim berjulukan Garuda Mu­da itu kalah 0-1 lewat gol semata wayang Sarawut Masuk.

Waspadai

Timnas Thailand asuhan pelatih Alexandre Polking bisa dikatakan sebagai skuad yang sempurna. Materi pemain inti hingga cadangan sama bagusnya sehingga berpotensi merepotkan Timnas Indonesia U-23. Sepanjang babak penyisihan grup, Thailand sukses menceploskan 12 gol. Adapun kualitas lini pertahanannya cukup bagus karena baru kebobolan dua gol di SEA Games 2021.

Lantas, seperti apa ke­kuatan Thailand pada SEA Games 2021? Berikut ini para pemain yang punya peran penting di Thailand dan patut diwaspadai oleh Timnas Indonesia U-23.

Namun, Alexandre Pol­king dan Shin Tae-yong akan beradu strategi di babak semifinal SEA Games 2021. Thailand, yang dipoles Polking, akan melawan Timnas Indonesia U-23 yang dipimpin Shin Tae-yong.

Untuk kedua kalinya dalam tahun ini, Polking dan Shin Tae-yong bakal berhadapan. Sebelumnya, keduanya telah saling kuat-kuatan taktik di final Piala AFF 2020 di Singapura. Kala itu, Polking bersama Thailand senior bermain imbang 2-2 melawan timnas senior dalam leg ke­dua partai puncak Piala AFF 2020 pada 1 Januari 2022.

Namun, Polking berhasil mengungguli Shin Tae-yong setelah Thailand me­nang 4-0 dalam pertemuan pertama sehingga unggul agregat 6-2 atas timnas senior. Penampakan jabat erat dan senyum hangat Polking dengan Shin Tae-yong terjadi seusai konferensi pers Timnas Indonesia U-23 sebelum melawan Thailand pada SEA Games 2021 di Nam Cuong Hotel, Nam Dinh, Rabu (18/5) si­ang waktu setempat. (*/boy)

Exit mobile version